Text
Hubungan Syariah Marketing Tactic Dengan Kepuasan Pelanggan Pada Produk Gadai Emas Di Pegadaian Syariah Cabang Pamekasan
ABSTRAK
Ismi Alfin Faradhillah, 2016, Hubungan Syariah Marketing Tactic Dengan Kepuasan Pelanggan Pada Produk Gadai Emas Di Pegadaian Syariah Cabang Pamekasan, Skripsi, Program Studi Perbankan Syariah, Jurusan Ekonomi dan Bisnis Islam, Pembimbing: Dr. Rudy Haryanto, SST. MM
Kata Kunci: Syariah Marketing Tactic, Kepuasan Pelanggan, Produk Gadai Emas.
Syariah marketing tactic adalah teknik pelaksanaan implementasi dari strategi pemasaran yang berprinsip syariah yang guna memenangkan atau bertahan market share. Sedangkan kepuasan adalah suatu perasaan emosional yang berupa bahagia dan senang yang telah terpenuhi harapannya dan sesuai dengan keinginan. Taktik pemasaran dilakukan guna menarik pelanggan agar tertarik dengan produk yang ditawarkan. Salah satu yang perlu diperhatikan ialah kepuasan pada pelanggan mengingat hubungannya yang langsung dengan kesetiaan pelanggan, pangsa pasar, dan keuntungan.
Berdasarkan hal tersebut maka yang menjadi fokus penelitian dalam penelitian ini adalah Adakah hubungan yang signifikan antara syariah marketing tactic dengan kepuasan pelanggan pada produk gadai emas di Pegadaian Syariah Cabang Pamekasan melalui tiga elemen dasar dari syariah marketing tactic yaitu diferensiasi, marketing mix (bauran pemasaran), dan selling (penjualan).
Pada penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik analisis data chi square (X2). Jenis data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh melalui kuesioner. Respondennya adalah nasabah produk gadai emas di Pegadaian Syariah Cabang Pamekasan dengan menggunakan teknik convenience sampel atau yang dikenal accidental sampling sebagai pengambilan sampelnya. Jumlah populasi 1.546 dan sampel 317 reponden.
Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan antara diferensiasi dengan kepuasan pelanggan pada produk gadai emas dengan nilai pnya 0,005 ≤ 0,05 dengan kekuatan yang dikatakan sangat lemah sebesar 0,155. Ada hubungan antara marketing mix (bauran pemasaran) dengan kepuasan pelanggan dengan nilai pnya 0,001 ≤ 0,05 dengan kekuatan yang sangat lemah sebesar 0,179. Ada hubungan antara selling (penjualan) dengan kepuasan pelanggan dengan nilai pnya 0,019 ≤ 0,05 dengan kekuatan yang sangat lemah sebesar 0,131.
Dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara diferensiasi, marketing mix, dan selling dengan kepuasan pelanggan pada produk gadai emas, akan tetapi hubungan ketiganya memiliki kekuatan hubungan yang sangat lemah karena valuenya berada pada kisaran antara 0,00 – 0,199.
Tidak tersedia versi lain