Text
Strategi Manajemen Penyesuaian Diri Santri Putra Di Pondok Pesantren Al- ‘Ulya Madrasah Aliyah Negeri Pangarangan Sumenep
ABSTRAK
Paisin, 2017, Strategi Manajemen Penyesuaian Diri Santri Putra Di Pondok Pesantren Al-
‘Ulya Madrasah Aliyah Negeri Pangarangan Sumenep, Skripsi, Program Studi Pendidikan
Agama Islam, Jurusan Tarbiyah, Pembimbing: Fathol Haliq, M.Si
Kata Kunci: Strategi manajemen diri, penyesuaian diri dilingkungan pondok pesantren
Penelitian yang berjudul“Strategi Manajemen Penyesuaian Diri Santri Putra Di
Pondok Pesantren Al-‘Ulya Madrasah Aliyah Negeri Pangarangan Sumenep” ini difokuskan
pada (1) Strategi manajemenpenyesuaiandiri santri putra di pondok pesantren al-‘ulya
madrasah aliyah negeri pangarangan sumenep?. (2) Faktor pendukung strategi manajemen
penyesuaiandirisantriputra di pondokpesantren al-‘ulya madrasah
aliyahnegeripangarangansumenep?. (3)
Faktorpenghambatstrategimanajementpenyesuaiandirisantriputra di pondokpesantren al-‘ulya
madrasah aliyahnegeripangarangansumenep?.
Penelitianinibertujuanuntuk: (1) Mendeskripsikan Strategi manajemenpenyesuaiandiri
santri putra di pondok pesantren al-‘ulya madrasah aliyah negeri pangarangan sumenep. (2)
Mendiskripsikan faktor pendukung strategi manajemen penyesuaiandirisantriputra di
pondokpesantren al-‘ulya madrasah aliyahnegeripangarangansumenep. (3) Mendiskripsikan
faktorpenghambatstrategimanajementpenyesuaiandirisantriputra di pondokpesantren al-‘ulya
madrasah aliyahnegeripangarangansumenep.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
fenomenologis. Sumber datanya adalah manusian dan non manusia. Metode pengumpulan
datanya adalah, Observasi, wawancara, dan dokumentasi kemudian dianalisis dengan tiga
tahap yaitu cheking, organizing, dan coding. Sedangkan keabsahan data dicek dengan tiga
teknik, yaitu ketekunan pengamantan, triangulasi, uraian rincian.
Kemudian taggal 25 Juli 2017-25 Agustus 2017 pengambilan data tentang
strategimanajemenpenyesuaiandiri, faktorpendukung,
faktorpenghambat.santriputradipondokpesantren al-‘ulya madrasah
aliyahnegeripangarangansumenep.
Hasilpenelitianinimenghasilkanlaporanseperti berikut: (1) Bahwasantridapat
menyesuaikan diri dengan lingkungan dengan cara mematuhi peraturan yang ada di pondok
dan ikut serta dalam progam yang sudah ada. (2) Bahwasantri yang
sudahterbiasamelakukansholatberjamaahataupunaktivitas yang
tujuannyapositiftidakterlalusulituntukmenyesuaikandenganlingkungan yang baru,
karenasebelummondoksantritersebutsudahterbiasadikehidupansehari-harinya.. (3) Adapun
hambatan yang sering kali jadi permasalahn ialah jarak umur yang tidak begitu jauh, sehingga
yang menjadi anggota selalu tidak sejalan dengan pengurus yang membuat program tersebut,
karena hal itu pengurus perlu pendekatan pada anggotanya ataupun santri dan peraturan
pondok yang begitu ketat.
Tidak tersedia versi lain