Text
“Persepsi Guru Terhadap Pelaksanaan Supervisi Pendidikan di SMP Al-Miftah Pangereman Sampang”.
MANSUR 2016, “Persepsi Guru Terhadap Pelaksanaan Supervisi Pendidikan di
SMP Al-Miftah Pangereman Sampang”, Skripsi, Program Studi
Pendidikan Agama Islam, Jurusan Tarbiyah, Pembimbing: Dr. H. Moh.
Muchlis Solichin, M.Ag.
Kata kunci: Persepsi Guru, Supervisi Pendidikan.
Persepsi merupakan suatu tanggapan di dalam diri seseorang terhadap orang lain
dan dilihat dari segi positif dan negatif. Persepsi guru di SMP Al-miftah merupakan
bentuk ketidak selarasan antara supervisor dengan guru karena pelaksanaan supevisi
membantu guru ketika ada masalah dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar
dan supervisor juga memberikan arahan, dorongan, bimbingan kepada guru. Dan
tujuannya untuk lebih profesional, meningkatkan mutu guru dalam melaksanakannya.
Fokus dalam penelitian ini adalah bagaimana persepsi guru terhadap pelaksanaan
supervisi pendidikan di SMP Al-miftah Pangereman Sampang? Faktor-faktor yang
mempengaruhi persepsi guru terhadap pelaksanaan supervisi pendidikan di SMP Al-
miftah Pangereman Sampang?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
deskiptif. Sumber data yang diperoleh melalui wawancara, observasi, dokumentasi.
Pengecekan keabsahan data menggunakan teknik perpanjangan keikutsertaan,
ketekunan pengamatan, tringulasi dan referensial.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan adanya supervisi pendidikan di SMP
Al-miftah Pangereman Sampang guru dan staf sekolah sangat setuju karena supervisi
membantu guru, memberikan dorongan, bimbingan, araharan dan guru terkontrol
ketika guru melaksanakan kegitan belajar mengajar dan semua kagiatan yang ada di
SMP Al-miftah sudah berjalan dengan baik. Supervisi di SMP Al-miftah Pangereman
Sampang sudah terlaksana dengan baik sesuai dengan tugasnya karena kepala sekolah
sebagai pemimpin sangat tegas dan di siplin, dan guru menerima katika di supervisi
Karena tujuan dari supervisi untuk meningkatkan guru dan staf skolah dan juga mutu
pendidikan, guru juga mengetahui kekurangan dan kelebihan guru tersebut dan kepala
sekolah mengadakan rapat dan evaluasi untuk menindak lanjuti dari hal-hal yang
kurang baik terhadap kinerja guru.
Tidak tersedia versi lain