Text
UPAYA PENGAPLIKASIAN BELAJAR MELALUI BERMAIN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS KECERDASAN ANAK USIA DINI DI PAUD AZ-ZAHRAH PADEMAWU BARAT PAMEKASAN
ABSTRAK
Sitti Jamilah, 2017, Upaya Pengaplikasian Belajar Melalui Bermain dalam Meningkatkan Kualitas Kecerdasan Anak Usia Dini di Pademawu Barat Pamekasan, Skripsi, Program studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Tarbiyah, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Pamekasan, Pembimbing: Muhammad Jamaluddin, M.Pd.
Kata kunci: Upaya, Pengaplikasian, Belajar, Bermain, Kualitas, Kecerdasan.
Belajar melalui bermain adalah suatu metode yang digunakan guru dalam proses pembelajaran dengan tujuan mempermudah anak didik dalam memahami semua pelajaran yang nantinya akan disampaikan oleh para guru di paud Az-Zahrah Pademawu Barat Pamekasan anak usia dini tidak terlepas dari dunia bermain karena bermain adalah dunia mereka saat ini belajar melalui bemain adalah sebuah metode yang pas bagi mereka dalam meningkatkan kualitas kecerdasan yang mereka miliki.
Ada empatfokusdalampenelitianinipertama, bagaimanaupaya pengaplikasian belajar melalui bermain untuk meningkatkan kualitas kecerdasan anak usia dini di paud az-zahrah Pademawu Barat Pamekasan? Keduabentuk-bentuk permainan apa saja yang digunakan pada anak usia dini di paud az-zahrah? Ketigafaktor-faktor apa saja yang menjadi pendukung pengaplikasian belajar melalui bermain untuk meningkatkan kualitas kecerdasan anak usia dini Pademawu Barat Pamekasan?Keempat, faktor-faktor apa saja yang menjadi penghambat pengaplikasian belajar melalui bermain untuk meningkatkan kualitas kecerdasan anak usia dini Pademawu Barat Pamekasan?.
Penelitianinimenggunakanpendekatankualitatif, data yang diperolehdengancaraobservasi, wawancara, dandokumentasi. Kemudian data tersebutdianalisisdengananalisis data kualitatifdeskriptif, kemudianseluruh data yang didapatdicekkeabsahannyadenganperpanjangankeikutsertaan, ketekunanpengamatan, tringulasi, uraianrinci.
Hasilpenelitianinimenunjukkan: bahwapertamabentuk-bentuk permainan yang digunakan guru dalam meningkatkan kualitas kecerdasan anak usia dini terdadap empat macam permainan, yaitu: a) permainan puzzle. b) permainan bongkar pasang. c) permainan meronce. d) permainan lempar bola warna. peran guru dalam mengaplikasian metode belajar melalui bermain dalam meningkatkan kualitas kecerdasan anak usia dini di Paud Az-Zahrah Pademawu Barat Pamekasan terdapat tiga peran yaitu: a) membimbing dan memotivasi anak usia dini. b) mengayomi. c) memberikan contoh yang baik.Dan terdapat Faktor-faktor yang Menjadi Pendukung Upaya Guru dalam pengaplikasian belajar melalui bermain dalam meningkatkan kualitas kecerdasan anak usia dini di Paud Az-Zahrah Pademawu Barat Pamekasan, yaitu: a) Peranserta dari Kepala Sekolah, Orang Tua Murid, dan Guru pengajar. b) Profesionalitas Guru. c) Kemampuan berkembang dari anak usia dini. Sedangkan untuk Faktor-faktor yang Menjadi Penghambat Upaya Guru Mengaplikasian belajar melalui bermain dalam meningkatkan kualitas kecerdasan anak usia dini di Paud Az-Zahrah Pademawu Barat Pamekasan, yaitu: a) Latar belakang pendidikan. b) Tidak adanya keinginan untuk berkembang. c) Tidak adanya peranserta dari Orang Tua. Untuk pendekatannya, Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis fenomenologis. Sumber data diperoleh melalui Observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informannya adalah Guru Pengajar, Kepala Sekolah, Orang tua, dan Anak usia dini. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi.
Tidak tersedia versi lain