Text
PembelajaranPendidikan Agama Islam di Jurusan T.K.J SMK Matsaratul Huda PanempanPamekasan
ABSTRAK
Kuspadi, 2017.“PembelajaranPendidikan Agama Islam di Jurusan T.K.J SMK
Matsaratul Huda PanempanPamekasan” Skripsi Program StudiPendidikan Agama
Islam, JurusanTarbiyah, STAIN Pamekasan, Pembimbing: Drs. H.Moh. Zaini,
MM
Kata Kunci:Pembelajaran pendidikan agama Islam, jurusan T.K.J
Sesungguhnya pendidikan agama Islam yang di ajarkan disekolah sebagai
pelindung terhadap kita dari sunglapan, tahayul, dan pikiran- pikiran yang salah
yang telah menimpan agama kita yang hanif. Materi-materi pelajaran agama yang
di wajibkan unutk dipelajari pada semua tingkat pengajaran walaupun dangkal
dan kurang lengkap-bahkan dalam ukuran ukuran yang pantas bagi kehidupan
sorang muslim-namun telah merupakan keringkasan yang berharga yang dipilih
secara selektif, tidak dapat padanya pengaruh apapun dari fikiran luar yang
menusup, atau tambahan-tambahan yang berupa parasit. Maka ia adalah semacam
pendidikan yang amat teliti dan waspada terhadap penyimpangan dan khurafat.
Olehkarenaitu, penelititertarikuntukmelakukanpenelitian.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga pokok permasalahan yang menjadi
kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: Pertama, Bagaimana tentang persiapan
pembelajaran pelajran pendidikan agama islam di SMK Matsaratul Huda
Panempan Pamekasan. Kedua, Bagaimana tentang pelaksanaan pembelajaran
pendidikan agama islam di SMK Matsaratul Huda Panempan Pamekasan, dan
yang ketiga, Bagaimana evaluasi pembelajarn pendidikan agama islam di SMK
Matsaratul Huda Panempan Pamekasan.
Penelitianinimenggunakanpendekatankualitatif, denganjenisdeskriptif. Data
yang diperolehyaitudengancarawawancara, observasidandokumentasi.
Sumberdatanyaadalahkepala sekolah ,gurudansiswa. Adapun teknik analisis
datanya menggunakan reduksi data, display data (penyajian data), danverifikasi
(kesimpulan) sedangkan teknik pengecekan keabsahan datanya melalui
perpanjangan keikut sertaan, ketekunan peneliti dan triangulasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Adapun hal-hal yang dipersiapkan
oleh guru dalam melaksanakan pembelajaran pendidikan agama islam yaitu
bermacam-macam, salah satunya adalah Setiap akan mengajar guru terlebih
dahulu membuat RPP dan mempersiapkan diri.
Dalam pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama islam, yang gurulakukan
pertama kali adalah dalam hal pengelolaan kelas, dimana cara guru dalam
mengelola kelas tidak sama antara guru yang satu dengan yang lain, adapun guru
dalam mengelola kelas di SMK Matsaratul Huda yaitu, tergantung dengan situasi
atau kondisi kelas tersebut, pertama guru menyiapakan siswa, dari merapikan
tempat duduk, mengatur siswa dan lain-lain.
Mengenai evaluasi pembelajaran yaitu ada pree test ada post tess, sebelum
pelajaran dilanjutkan pada bab yang selanjutkan, saya menanyakan pelajaran yang
sudah saya sampaikan pada minggu sebelumnya, meskipun tidak secara tertulis,
tes lisan misalnya. tujuan nya yaitu untuk mngetahui sejauh mana siswa dalam
menguasai materi pelajaran yang telah dijelaskan
Tidak tersedia versi lain