Text
PENGARUH KEMATANGAN USIA MASUK SEKOLAH TERHADAP KECERDASAN ANAK DI MI AL IHSAN IV MASARAN SENTOL DAYA PRAGAAN SUMENEP.
Salehoddin, 2016, Pengaruh Kematangan Usia Masuk Sekolah Terhadap
Kecerdasan Anak di MI Al-Ihsan IV Dusun Masaran Desa Sentol Daya
Kecamatan Pragaan Kabupaten Sumenep. Skripsi, Jurusan Tarbiyah,
Program Studi Pendidikan Agama Islam, STAIN Pamekasan.
Pembimbing: Dr. Mariatul Qibtiyah Harun, M.Ag.
Kata Kunci: Kematangan dan Kecerdasan
Banyak diantara orang tua kurang memahami tentang pentingnya
kematangan usia bagi anak. Seringkali karena pertumbuhan fisik yang sangat
cepat orang tua terlalu cepat memasukan anaknya ke sekolah dasar tanpa
mempertimbangkan usia anak.
Permasalahan dalam penelitian ini ada dua macam, pertama, tentang ada
tidaknya pengaruh kematangan usia masuk sekolah terhadap kecerdasan anak
di MI Al-Ihsan IV Masaran Sentol Daya Pragaan Sumenep. kedua, seberapa
besar pengaruh kematangan usia masuk sekolah terhadap kecerdasan anak di
MI Al-Ihsan IV Masaran Sentol Daya Pragaan Sumenep.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan
kuantitatif dengan menggunakan analisis statistik dan menggunakan rumus
korelasi product moment. Adapun populasi penelitian ini adalah siswa siswa
Madrasah Ibtidaiyah Al-Ihsan IV Masaran Sentol Daya Pragaan Sumenep
yang berjumlah 106 siswa. Penentuan sampel dalam penelitian ini adalah
Purposive Sample (sampel bertujuan) yaitu mengambil siswa kelas I (30
siswa) sebagai sampel, karena yang diteliti memang siswa yang baru masuk
Sekolah Dasar sesuai dengan dilaksanakannya penelitian ini. Sedangkan
Instrumen utama yang digunakan adalah observasi dan tes intelegensi. Adapun
instrumen pendukung adalah dokumentasi.
Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh kematangan
usia masuk sekolah terhadap kecerdasan anak di MI Al-Ihsan IV Masaran
Sentol Daya Pragaan Sumenep dengan kategori sangat kuat. Dengan kata lain,
kecerdasan anak di MI Al-Ihsan IV Masaran Sentol Daya Pragaan Sumenep
di pengaruhi oleh kematangan usia ketika masuk sekolah. Hal ini terbukti dari
hasil analisis statistik yang menunjukkan bahwa r (0,812) lebih besar dari
harga kritik product moment, baik pada taraf signifikan 95% (0,361) maupun
pada taraf signifikan 99% (0,463). dan r-kerja ketika dikonsultasikan dengan
tabel pedoman untuk memberikan intepretasi, berada pada interval 0,80
sampai dengan 1,000 dengan nilai sangat kuat.
Tidak tersedia versi lain