Text
UPAYA GURU DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN SHOLAT DI TK SEKAR JAMBI PADEMAWU TIMUR PAMEKASAN
Jannatul Fitriyah, 2016, Upaya Guru dalam Pelaksanaan Pembelajaran
Sholat di TK Sekar Jambi Pademawu Timur Pamekasan, skripsi, program studi
Pendidikan Agama Islam, Jurusan Tarbiyah, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri
Pamekasan, pembimbing : Dr. Hj.Mariatul Qibtiyah Harun, AR,M.Ag.
Kata Kunci : Pelaksanaan, Pembelajaran sholat
Pelaksanaan pembelajaran sholat di TK Sekar Jambi Pademawu Timur
Pamekasan merupakan gagasan yang sangat baik demi terealisasinya
pembelajaran tambahan tentang pembelajaran sholat di TK Sekar Jambi sebagai
bentuk awal pengenalan tentang agama islam yang berfokus pada pembelajaran
sholat serta pembentukan karakter anak yang baik, disiplin dan melatih kesabaran
dalam segala hal.
Penelitian ini difokuskan pada: (1) Apa alasan pelaksanaan pembelajaran
sholat di TK Sekar Jambi Pademawu Timur Pamekasan. (2) Bagaimana
Pelaksanaan Pembelajaran Sholat di TK Sekar Jambi Pademawu Timur
Pamekasan. (3) Apa saja faktor pendukung dan pemnghambat pelaksanaan
pembelajaran sholat di TK Sekar Jambi Pademawu Timur Pamekasan. Adapun
tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui alasan pelaksanaan
pembelajaran sholat di TK Sekar Jambi Pademawu Timur Pamekasan. (2) Untuk
mengetahui bagaimana pelaksanaan pembelajaran sholat di TK Sekar Jambi
Pademawu Timur Pamekasan. (3) Untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor
penghambat pelaksanaan pembelajaran sholat di TK Sekar Jambi Pademawu
Timur Pamekasan.
Dalam penelitian ini lokasi yang dipilih adalah sekolah TK Sekar Jambi
Pademawu Timur Pamekasan. Pendekatan penelitian ini menggunakan
pendekatan kualitatif dan jenis deskriptif, dan sumber data diperoleh melalui
wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber data dari jenis manusia adalah
kepala sekolah dan guru TK Sekar Jambi Pademawu Timur Pamekasan, sumber
data yang berupa non-manusia adalah dokumen-dokumen yang berkaitan dengan
siswa seperti buku absen siswa. Analisis data menggunakan pengecekan,
pengelompokan, dan pemberian kode. Untuk menguatkan data dan hasil
penelitian yang diperoleh penelti melakukan perpanjangan kehadiran peneliti di
lapangan, observasi yang diperdalam, triangulasi, pembahasan sejawat,
pengecekan anggota.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pertama: alasan pelaksanaan
pembelajaran sholat di TK Sekar Jambi Pademawu Timur Pamekasan yaitu
munculnya gagasan dari orang tua yang direspon langsung oleh kepala sekolah
beserta jajaran guru pengajar.. Kedua: pelaksanaan pembelajaran sholat di TK
Sekar Jambi Pademawu Timur Pamekasan dilaksanakan pada setiap hari sabtu
dengan jumlah murid 30 anak dengan bimbingan dua guru pengajar. Ketiga:
faktor pendukung dalam pelaksanaan pembelajaran sholat di TK Sekar Jambi
Pademawu Timur Pameksan adalah ruang kelas yang cukup memadai serta guru
yang berkompenten dalam bidang agama. Sedangkan faktor penghambat dalam
pelaksanaan pembelajaran sholat di TK Sekar Jambi Pademawu Timur
Pamekasan adalah anak didik sulit diatur seperti ada yang menangis, lari sendiri.
Tidak tersedia versi lain