Text
KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PELAKSANAAN EVALUASI PEMBELAJARAN DI MADRASAH TSANAWIYAH MIFTAHUL ULUM PAGENDINGAN KECAMATAN GALIS KABUPATEN PAMEKASAN.
Molyono, 2016, Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Agama Islam Dalam
Pelaksanaan
Evaluasi
Pembelajaran
MTs
Mifahul
Ulum
Pagendingan
Kecamatan Galis Kabupaten Pamekasan. Skripsi, Jurusan Tarbiyah, Program
Studi PAI, Dr.Abd. Mukhid, M,Pd.
Kata kunci: Kompetensi, Pedagogik, Guru, Pendidikan Agama Islam, evaluasi
pembelajaran
Dengan kompetensi yang dimiliki, selain menguasai materi dan dapat
mengolah program belajar, guru juga dituntut dapat melakasanakan evaluasi pada
setiap kegiatan pembelajaran. kemampuan guru dalam melakukan evaluasi
merupakan kompetensi guru yang sangat penting.
Pertama, Bagaimana kompetensi pedagogik guru PAI dalam pelaksanaan
evaluasi pembelajaran di MTs Mifahul Ulum Pagendingan Kecamatan Galis
Kabupaten Pamekasan. Kedua,bagaimana pelaksanaan evaluasi pembelajaran PAI
di MTs Miftahul Ulum Pagendingan Kecamatan Galis Kabupaten Pamekasan.
Ketiga, Apa faktor pendukung pelaksanaan evaluasi pembelajaran PAI di MTs
Mifahul Ulum Pagendingan Kecamatan Galis Kabupaten Pamekasan.
Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis
penelitian fenomenologis. Sumber datanya adalah manusia dan non manusia.
Metode pengumpulan datanya adalah, observasi, wawancara, dan dukomentasi
kemudian dianalisis dengan tiga tahap; yaitu cheking, organizing, dan coding,
keabsahan data dicek dengan tiga teknik, yaitu ketekunan pengamatan, triangulasi,
uraian rinci.
Hasil penelitian ini sebagai berikut: pertama, bahwa guru PAI di MTs
Miftahul Ulum Pagendingan sudah memiliki kompetensi pedagogik dalam
melaksanakan evaluasi pembelajaran karena guru PAI dalam melaksanakan
evaluasi pembelajaran guru PAI sangat kompeten dan dilakukan secara sistematis
dan terencana Kedua, pelaksanaan evaluasi pembelajaran guru PAI di MTs
Miftahul Ulum pagendingan kecamatan galis kabupaten pamekasan (1)
Melaksanakan evaluasi terhadap pembelajaran PAI yang meliputi tiga ranah,
afektif, konitif, psikomotorik. (2) Evaluasi pada aspek afektif dilakukan dengan
cara observasi (pengamatan prilaku siswa). (3) evaluasi pada aspek kognitif
dilakukan dengan cara tes tulis dan tes lisan. (4) evaluasi pada aspek psikomotorik
dilakukan dengan cara praktik. Ketiga, adapun faktor pendukung evaluasi di MTs
Miftahul Ulum Pagendingan adalah dengan rekapan nilai yang telah guru
Pendidikan Agama Islam buat yaitu meliputi (1) kertas soal dan jawaban ujian
bagi para Peserta didik yang sudah di sediakan oleh sekolah. (2) ruang kelas yang
cukup luas sehingga pelaksanaan evaluasi pembelajaran bisa berjalan efektif. (3)
Rekapan nilai hasil pembelajaran. (4) guru sudah kompeten dalam melaksanakan
evaluasi pembelajaran.
Tidak tersedia versi lain