Text
PENERAPAN KEGIATAN BILINGUAL AREA DI MADRASAH UMMUL QURO AT-TARBAWIYAH DESA PLAKPAK KECAMATAN PEGANTENAN KABUPATEN PAMEKASAN
Rofiqi. 2016. “Kegiatan Bilingual Area di Madrasah Ummul Quro At-
Tarbawiyah Desa Plakpak Kecamatan Pegantenan Kabupaten
Pamekasan”. Skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam.
Jurusan Tarbiyah STAIN Pamekasan, Pembimbing: H.Ahmad
Muhlis. MA.
Kata Kunci: Kegiatan Bilingual Area.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketertarikan peneliti kepada Kegiatan
Bilingual Area ini, karena tidak banyak lembaga-lembaga Pendidikan Islam
yang menerapkan kegiatan ini. Penerapan Kegiatan Bilingual Area ini
melibatkan semua orang yang ada di madrasah. Oleh karenanya peneliti
mengajukan judul skripsi yang berjudul Penerapan Kegiatan Bilingual Area di
Madrasah Ummul Quro At-Tarbawiyah Desa Plakpak Kecamatan Pegantenan
Kabupaten Pamekasan .
Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga fokus yang menjadi kajian dalam
penelitian ini yaitu: pertama, Bagaimana Perencanaan Kegiatan Bilingual Area
di Madrasah Ummul Quro At-Tarbawiyah Desa Plakpak Kecamatan
Pegantenan Kabupaten Pamekasan. Kedua, Bagaimana Pelaksanaan Kegiatan
Bilingual Area di Madrasah Ummul Quro At-Tarbawiyah Desa Plakpak
Kecamatan Pegantenan Kabupaten Pamekasan. Ketiga, Bagaimana Kegiatan
Evaluasi Bilingual Area di Madrasah Ummul Quro At-Tarbawiyah Desa
Plakpak Kecamatan Pegantenan Kabupaten Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan Pendekatan Kualitatif, dengan jenis
Deskriptif. Data yang diperoleh yaitu dengan cara wawancara, observasi dan
dokumentasi. Sumber datanya adalah Direktur MUT, Departemen Penelitian
dan Pengembangan/bahasa, Dewan Guru, dan Siswa. Adapun teknik analisis
datanya menggunakan Reduksi Data, Display Data (penyajian data), dan
Verifikasi Data (penarikan kesimpulan) sedangkan tehnik pengecekan
keabsahan datanya melalui Perpanjangan Pengamatan, Meningkatkan
Ketekunan Peneliti, dan Triangulasi.
Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; Pertama, Perencanaan
Kegiatan Bilingual Area di Madrasah Ummul Quro At-Tarbawiyah telah
dilakukan dengan meliputi 2 unsur penting yaitu: materiil dan non materiil,
kemudian perencanaan tersebut meliputi keterampilan-keterampilan berbahasa
dengan mengadakan program pendukung kepada keterampilan-keterampilan
tadi. diantaranya: 1) dalam keterampilan berbicara pihak madrasah
memberlakukan program Muhadtasah harian atau juga dengan conversation. 2)
keterampilan mendengarkan pihak madrasah memberlakukan program
conversation voice melalui sound system yang diperdengarkan kepada siswa
setiap waktu lowong. 3) sedangkan keterampilan menulis pihak madrasah
menstrategikan wajib meng-insya’ atau compose bagi para pelanggar bahasa.
4) sedangkan keterampilan membaca, pihak madrasah mengalih bahasakan
segala macam pengumuman-pengumuman yang ada di madrasah dengan
menggunakan Bahasa Arab dan Inggris, artinya segala macam pengumuman,
majalah dinding yang akan dipublikasikan harus menggunakan bahasa resmi6
agar dapat melatih keterampilan membaca mereka. sedangkan waktu
perencanaannya diatur oleh Kalender Pendidikan Pondok Pesantren Ummul
Quro As-Suyuty tepatnya setiap tanggal 10 Syawwal dan setiap tanggal 20
Rabi’ul Awwal. Dalam Pelaksanaan Perencanaan Kegiatan Bilingual Area ini
melibatkan beberapa elemen diantaranya Direktur Madrasah Ummul Quro At-
Tarbawiyah, Departemen Penelitian & Pengembangan dan Dewan Guru.
Sedangkan hasil dari perencanaan itu berupa Usbu’ul Lugoh Al-Arabiyah dan
Usbu’ul Lugoh Al-Injliziyah atau dalam bahasa inggrisnya di sebut dengan
English Week dan Arabic Week. Kedua, Pelaksanaan Kegiatan Bilingual Area
di Madrasah Ummul Quro At-Tarbawiyah telah dilaksanakan dengan
menerapkan kegiatan-kegiatan lingkungan berbahasa untuk semua siswa dan
guru di Madrasah Ummul Quro At-Tarbawiyah dan lingkungan berbahasa ini
dilaksanakan setiap minggu secara berkelanjutan, yaitu 1 minggu untuk
penggunaan Bahasa Arab dan 1 minggu untuk penggunaan Bahasa Inggris.
Sehingga siswa Madrasah Ummul Quro At-Tarbawiyah dapat berkomunikasi
dengan teman sejawatnya beserta guru-guru menggunakan 2 bahasa ini.
Ketiga, Kegiatan Evaluasi pada Kegiatan Bilingual Area di Madrasah Ummul
Quro At-Tarbawiyah dilaksanakan setiap minggu tepatnya pada hari Kamis
pukul 20.00 WIB di kantor Madrasah dengan melibatkan Direktur MUT,
Departemen Penelitian dan Pengembangan bahasa, semua dewan asatidz.
Kegiatan Evaluasi ini dilakukan berupa musyawarah tentang penyampaian
laporan-laporan segala bentuk program dan kegiatan dari bagian Departemen
Penelitian dan Pengembangan terkait dengan perkembangan kebahasaan santri
dan kendala-kendala yang dihadapi serta solusi-solusi yang akan dilakukan.
Evaluasi Kegiatan Bilingual Area di Madrasah Ummul Quro At-Tarbawiyah
menunjukkan bahwa kegiatan ini tidak seutuhnya berjalan. Artinya masih
banyak ditemukan siswa-siswa yang masih menggunakan bahasa selain bahasa
yang telah ditentukan oleh pihak madrasah. Kemudian juga sebagai bentuk
evaluasinya dengan mengadakan perlombaan Muhadatsah yang dilaksanakan
setiap pertengahan semerter.
Tidak tersedia versi lain