Text
Peranan Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) sebagai pembimbing dalam meningkatkan minat belajar siswa di SMP AL-HIKMAH desa Gugul Kec.Tlanakan Kab.Pamekasan
Fatimatuzzahroh, 2016, Peranan Guru Pendidikan Agama Islam
(PAI) sebagai pembimbing dalam meningkatkan minat belajar siswa di SMP
AL-HIKMAH desa Gugul Kec.Tlanakan Kab.Pamekasan, Skripsi, Program
Studi PAI, Jurusan Tarbiyah, Pembimbing : Dr. H.Mohammad Kosim,
M.Ag.
Kata Kunci : Peran Guru Sebagai Pembimbing, Minat belajar.
Sebagai pembimbing, guru perlu memiliki kemampuan untuk dapat
membimbing siswa, memberikan dorongan psikologis agar siswa dapat
mengesampingkan faktor-faktor internal dan faktor eksternal yang
mengganggu proses pembelajaran, baik di dalam dan di luar sekolah.
Setelah itu, guru juga harus dapat memberikan arah dan pembinaan karier
siswa sesuai dengan bakat dan minat kemampuan siswa.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua permasalahan yang
menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu : Pertama, Upaya apa saja
yang dilakukan guru PAI sebagai Pembimbing dalam meningkatkan minat
belajara siswa di SMP AL-HIKMAH Desa Gugul Kec.Tlanakan
Kab.Pamekasan. Kedua, Hambatan apa saja yang dihadapi guru PAI sebagai
Pembimbing dalam meningkatkan minat belajaran siswa di SMP AL-
HIKMAH Desa Gugul Kec.Tlanakan Kab.Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis
deskriptif. Sumber data diperoleh dengan wawancara, observasi, dan
4dokumentasi. Informannya adalah Guru Pendidikan Agama Islam, Kepala
Sekolah, Ririn Mufidatun Nasiha , Abdus Salam, Vina Aisyah, dan Ahmad
Subairi. Sedangkan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan
keikutsertaan, ketekunan pengamatan, triangulasi, pengecekan sejawat
melalui diskusi, kajian kasus negatif, pengecekan anggota, uraian rinci dan
auditing.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pertama : Upaya yang
dilakukan guru PAI sebagai pembimbing yaitu guru terampil dalam
merencanakan, melaksanakan dan menggunakan media-media yang ada,
guru melakukan bimbingan-bimbingan yang dilakukan di luar sekolah
seperti bimbingan di rumah guru, bimbingan di ruang kelas, bimbingan
dengan pemberian tugas dan bimbingan dengan cara penyampaian materi.
Kedua : hambatan yang dihadapi dalam melaksannakan bimbingan itu
tergantung dari jenis bimbingan yang diberikan guru kepada siswa, seperti
halnya bimbingan yang dilakukan di ruang guru akan mengakibatkan jam
istirahat siswa berkurang bahkan siswa tidak sempat beristirahat.
Agar bimbingan-bimbingan yang dilakukan oleh guru PAI itu tetap
berjalan sesuai dengan rencana maka seorang guru atau kepala sekolah
harus menyediakan fasilitas-fasilitas yang memadai sehingga siswa
semangat dalam mengikuti bimbingan-bimbingan tersebut.
Tidak tersedia versi lain