Text
Konsep Pendidikan Agama Islam Dalam Kitab Ihya Ulum Al Din Perspektif Al-Ghazali
Nur Aini, 2016. Konsep Pendidikan Agama Islam Dalam Kitab Ihya Ulum Al
Din Perspektif Al-Ghazali, Skripsi, Jurusan Tarbiyah, Program Studi
Pendidikan Agama Islam, Pembimbing: Mohammad Hasan , M.Ag
Kata Kunci: Pendidikan Agama Islam, Al-Ghazali
Permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini tentang
pandangan al-Ghazali tentang pendidikan agama Islam, peran pendidikan agama
Islam menurut perspektif al-Ghazali, konsep pendidikan agama Islam dalam kitab
Ihya’ Ulum Al Din perspektif al-Ghazali, serta apa yang harus diajarkan dalam
proses pendidikan agama Islam perspektif al-Ghazali.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif yakni melalui penelusuran
kepustakaan (library research), yaitu jenis penelitian dari khazanah literatur dan
menjadikan “dunia teks” sebagai objek utama analisisnya yaitu: dengan cara
menuliskan, mengedit, mengklasifikasi,dan menyajikan data yang diperoleh dari
sumber tertulis.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan Filosofis,
yaitu pendekatan yang berusaha merenungkan dan memikirkan serta menganalisis
secara hati-hati terhadap penalaran-penalaran Al-Ghazali tentang pendidikan
agama Islam.
Dalam penelitian ini penulis mengumpulkan karya-karya tokoh Islam dan al-
Ghazali untuk dianalisis. Karya tersebut adalah literatur pendidikan Islam dan
kitab Ihya’ Ulum Al Din karya al-Ghazali. Dalam rangka memperoleh data yang
diperlukan berdasarkan sumber di atas. Maka tekhnik pengumpulan data baik itu
data primer ataupun sekunder yang diperlukan adalah dokumentasi dengan cara
mengunjungi perpustakaan, membaca dan memfotocopy bahan-bahan yang
relevan dengan fokus penelitian dan permasalahan.
Tekhnik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah content
analisis, dengan melalui tahap kegiatan sebagai berikut; membaca kitab al-Ghazali
maupun buku-buku yang relevan terfokus permasalahan, memahami kata-kata
kalimat berbagai bentuk teks secara kontekstual serta memahami gambaran makna
dalam teks.
Dari hasil penelitian ini pandangan al-Ghazali tentang pendidikan Islam,
Pendidikan menurut al-Ghazali adalah menghilangkan akhlak yang buruk dan
menanamkan akhlak yang baik. Dengan demikian pendidikan merupakan suatu
proses kegiatan yang dilakukan secara sistematis untuk melahirkan perubahan-
perubahan yang progresif pada tingkah laku manusia.
Tujuan pendidikan yang diinginkan oleh al-Ghazali adalah taqarrub kepada
Allah Swt dan kesempurnaan manusia untuk mencapai kebahagiaan dunia dan
akhirat. Maka dari itu pendidikan agama Islam sangatlah penting yang mana
untuk mencapai tujuan tersebut.
Sejalan dari itu konsep pendidikan Islam al-Ghazali, tidak terlepas dari aspek
pendidikan islam itu sendiri yaitu tentang tujuan pendidikan, etika pendidik (guru)
dan etika peserta didik.
5Sedangkan yang harus diajarkan di dalam pendidikan agama Islam antara
lain: 1). Ilmu al-Qur’an dan ilmu agama seperti fiqh, hadits dan tafsir. 2).
Sekumpulan bahasa, nahwu dan makhraj serta lafadz-lafadznya, karena ilmu ini
berfungsi membantu ilmu agama. 3). Ilmu-ilmu fardhu kifayah, yaitu ilmu
kedokteran, matematika, teknologi yang beraneka ragam jenisnya termasuk juga
ilmu politik. 4). Ilmu kebudayaan seperti syair, sejarah dan beberapa cabang
filsafat.
Dan metode yang digunakan antara lain, metode khusus pendidikan agama
untuk anak-anak yang dilengkapi dengan metode pendidikan akhlak yang terpuji
dan dilengkapi dengan keutamaan. Perhatiannya pada pendidikan agama dan
akhlak ini sejalan dengan pandanngan-pandangan mengenai pendidikan.
Tidak tersedia versi lain