Text
Implementasi Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di MTs. As-Salam Desa Lapa Taman Kecamatan Dungkek Kabupaten Sumenep
Kholik, 2016, Implementasi Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di MTs. As-Salam Desa Lapa Taman Kecamatan Dungkek Kabupaten Sumenep, Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Tarbiyah, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pamekasan, Pembimbing: Dr. Abd. Mukhid, M.Pd.
Kata Kunci: Implementasi, Evaluasi, Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam
Implementasi Evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam di MTs. As-Salam Desa Lapa Taman Kecamatan Dungkek Kabupaten Sumenep merupakan suatu program yang terencana dan dilaksanakan sebagai alat untuk mengumpulkan informasi tentang aktifitas belajar mengajar dan untuk mengetahui tingkat kemampaun dan keberhasilan siswa serta untuk mengetahui kelemahan-kelemahan yang dialami siswa di dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam.
Oleh karena itu penelitian ini difokuskan pada masalah: (1) Bagaimana pelaksanaan evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam di MTs.As-Salam Desa Lapa Taman Kecamatan Dungkek Kabupaten Sumenep. (2) Apa saja faktor yang menghambat pelaksanaan evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam di MTs. As-Salam Desa Lapa Taman Kecamatan Dungkek Kabupaten Sumenep. (3) Bagaimana hasil dari pelaksanaan evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam di MTs. As-Salam Desa Lapa Taman Kecamatan Dungkek Kabupaten Sumenep.
Dalam penelitian ini lokasi yang dipilih adalah MTs. As-Salam Desa Lapa Taman Kecamatan Dungkek Kabupaten Sumenep. Penelitian dalam skripsi ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologis. Analisis data dalam penelitian ini adalah analisis data deskriptif melalui teknik reduksi data, penyajian data, dan penyimpulan. Dengan prosedur pengumpulan datanya menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data berupa manusia dan non manusia. Sumber data manusia adalah Kepala Madrasah, siswa, dan guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) yang meliputi mata pelajaran Akidah Akhlak, Fikih, Al-Qur'an Hadis, dan SKI. Sedangkan sumber data non manusia adalah dokumen-dokumen yang berisi hal-hal penting yang berhubungan dengan pelaksanaan evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : Pertama, Pelaksanaan evaluasi pembelajaran sudah dilaksanakan sebagai suatu program untuk mengetahui tingkat kemampuan dan penguasaan siswa terhadap materi pembelajaran yang disampaikan dan untuk mengetahui kelemahan-kelemahan yang dialami siswa. Evaluasi pembelajaran pada umumnya dilaksanakan pada pertengahan semester (UTS) dan akhir semester (UAS). Kedua, Faktor-faktor yang menghambat pelaksanaan evaluasi pembelajaran adalah: a) minimnya sarana dan prasarana yang ada, b) kurangnya kesiapan perangkat pembelajaran, c) tidak meratanya tingkat kemampuan siswa, dan d) tidak seriusnya siswa dalam belajar baik di madrasah maupun di rumah. Ketiga, Hasil dari pelaksanaan evaluasi menunjukkan hasil yang baik karena nilai yang didapat siswa sudah mencapai standart atau KKM (69,75 %) yang ditentukan madrasah yaitu 75, meskipun ada sebagian siswa yang belum mencapai standart KKM.
Tidak tersedia versi lain