Text
Penerapan Nilai Etika dalam Menuntut Ilmu di Madrasah Aliyah Al Ghazali Rombasan Pragaan Sumenep
Efendi, 2016, Penerapan Nilai Etika dalam Menuntut Ilmu di Madrasah Aliyah Al
Ghazali Rombasan Pragaan Sumenep, Skripsi, Jurusan Tarbiyah,
Program Studi Pendidikan Agama Islam, STAIN Pamekasan,
Pembimbing: Dr. Edi Susanto, M.Fil.I
Kata kunci: Nilai etika dan Menuntut Ilmu
Penerapan Nilai etika dalam menuntut ilmu adalah merupakan dasar dari
kurikulum sekolah yang bertujuan mengembangkan secara berkesinambungan dan
sistematis dalam menunjang proses pembelajaranyang menjungjung tinggi nilai
etika. Adakalanya etika ini terkait dengan sikap dan prilaku guru (pendidik) dan
adakalanya terkat dengan sikap dan prilaku siswa oleh karena itu penerpan nilai
nilai etika mempunyai pengaruh besar dalam terbentuknya pribadi yang
berkarakteristik dan baik.
Berdasarkan pemikiran diatas maka, yang menjadi fokus penelitian dalam
skripsi ini adalah bagaimana penerpan nilai etika dalam menuntut ilmu di MA Al
Ghazali Rombasan Pragaan Sumenep, Bagaimana hasil penerpan nilai etika dalam
menuntut ilmu di MA Al Ghazali Rombasan Pragaan Sumenep, dan faktor
pendukung dan penghambat tentang penerapan nilai etika dalam menuntut ilmu di
MA Al Ghazali Rombasan Pragaan Sumenep.
Adapun tujuan yang ingin dicapai dari ketiga fokus penelitian diatas adalah
ingin mengetahui bagaimana penerpan nilai etika dalam menuntut ilmu di MA Al
Ghazali Rombasan Pragaan Sumenep, Bagaimana hasil penerpan nilai etika dalam
menuntut ilmu di MA Al Ghazali Rombasan Pragaan Sumenep, dan faktor
pendukung dan penghambat tentang penerapan nilai etika dalam menuntut ilmu di
MA Al Ghazali Rombasan Pragaan Sumenep.
Dalam Penelitian ini menggunakan metode deskriptif , dan Data yang
terkumpul berbentuk transkip wawancara, yang di dukung dengan data obsevasi
dan dokumentasi.
Hasil temuan penelitian menunjukkan bahwa: penerapan nilai etika dalam
menuntut ilmu di MA Al Ghazali Rombasan Pragaan Sumenep ini sebenarnya
masih kurang efektif hal ini dapat di lihat dari tidak meratanya penerapan nilai
etika dalam menuntut ilmu di MA Al Ghazali tersebut, ada beberapa faktor yang
sempat ditemui dalam penelitian di antaranya adalah; (a) penerapan nilai etika
dalam menuntut ilmu di MA Al Ghazali telah diupayakan dengan semaksimal
mungkin dengan membuat program yang sifat memberikan nilai etika. (b)
perbedaan karakter para peserta didik (siswa) yang berlatar belakang cultur dan
kebudayaan berbeda. Dan mengenai keberhasilan penerapan nilai etika dalam
menuntut ilmu di MA Al Ghazali sudah bisa di katakan berhasil bagi sebagian
peserta didik walaupun penerapannya tidak merata bagi semua peserta didik. Dan
mengenai respon para siswa terhadap penerapan nilai etika dalam menuntut ilmu
di MA Al Ghazali Desa Rombasan Kecamatan Pragaan Kabupaten Sumenep
yakni beragam, akan tetapi secara kesulurahan para peserta didik wajib hukumnyamenerapkan nilai etika dalam menuntut ilmu meskipun terdapat sebagian yang
malah tidak senang dengan alasan terkekang.
Berdasarkan hasil penelitian diatas, maka Penerapan nilai etika dalam
menuntut ilmu itu tidak selamanya efektif bagi semua siswa (peserta didik).
Karena setiap metode itu pasti terdapat kelemahan dan kelebihan dalam
penggunaannya, maka dari itu dalam rangka penerapan nilai etika dalam menuntut
ilmu di MA Al Ghazali tersebut perlu adanya peningkatan pengawasan dari pihak
pengelola serta kesadran dari para peserta didik.
Tidak tersedia versi lain