Text
Penanaman Nilai-nilai pada Pembentukan Kepribadian Siswa di Sekolah Menengah Kejuruan Miftahul Qulub Polagan Kecamatan Galis Kabupaten Pamekasan
Uswatun Hasanah, 2016. Penanaman Nilai-nilai pada Pembentukan Kepribadian
Siswa di Sekolah Menengah Kejuruan Miftahul Qulub Polagan Kecamatan Galis
Kabupaten Pamekasan, Skripsi, Jurusan Tarbiyah, Program Studi PAI, STAIN
Pamekasan, Pembimbing Muhammad Jamaluddin, M.Pd.
Kata Kunci: Nilai, kepribadian siswa
Sekolah memegang peranan yang penting dalam proses sosialisasi anak,
walaupun sekolah merupakan hanya salah satu lembaga yang bertanggung jawab
atas pendidikan anak. Anak mengalami perubahan dalam kelakuan sosial setelah
ia masuk sekolah. Sekolah juga harus mampu memberikan pendidikan moral
seperti kepatuhan siswa terhadap peraturan sekolah dan kelas, sikap terhadap
kegiatan akademik dan ekstrakurikuler, orientasi moral yang dimiliki guru. Guru
dalam hal ini harus mampu menjadi model tingkah laku yang mencerminkan
nilai-nilai moral dan agama. Tanpa adanya model tingkah laku yang baik dari
guru, maka pendidikan moral yang diberikan di sekolah tidak akan efektif menjadi
peserta didik sebagai seorang yang moralis.
Melihat fenomena yang ada di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)
Miftahul Qulub Polagan Kecamatan Galis, belum terlihat bentuk-bentuk
penanaman nilai-nilai moral seperti apa yang diberikan guru kepada siswanya
agar menjadi pribadi yang baik. Atas dasar inilah penulis ingin membuktikan
research di lapangan untuk mengungkap penanaman nilai-nilai untuk membentuk
kepribadian siswa di SMK Miftahul Qulub Polagan Kecamatan Galis. Oleh
karena itu peneliti tertarik untuk mengetahui lebih jauh bagaimana penanaman
nilaai-nilai moral dalam pembentukan kepribadian siswa di SMK Miftahul Qulub
Polagan Kecamatan Galis.
Ada dua (2) permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini.
Pertama, Bagaimana penanaman nilai-nilai pada pembentukan kepribadian siswa
di Sekolah Menengah Kejuruan Miftahul Qulub Polagan Kecamatan Galis
Kabupaten Pamekasan? Kedua, Kendala-kendala apa saja yang dihadapi dalam
penanaman nilai-nilai pada pembentukan kepribadian siswa di Sekolah
Menengah Kejuruan Miftahul Qulub Polagan Kecamatan Galis Kabupaten
Pamekasan?
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) bagaimana
penanaman nilai-nilai pada pembentukan kepribadian siswa di Sekolah
Menengah Kejuruan Miftahul Qulub Polagan Kecamatan Galis Kabupaten
Pamekasan, (2) Mengetahui kendala-kendala apa saja yang dihadapi dalam
penanaman nilai-nilai pada pembentukan kepribadian siswa di Sekolah
Menengah Kejuruan Miftahul Qulub Polagan Kecamatan Galis Kabupaten
Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber datanya kepala
sekolah dan guru di Miftahul Qulub Polagan Kecamatan Galis Kabupaten
Pamekasan. Sumber data sekunder adalah siswa. Prosedur pengumpulan data
5menggunakan wawancara terstruktur, observasi non partisipan dan
dokumentasi. Teknik pengecekan keabsahan data ketekunan pengamatan,
uraian rinci dan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penanaman nilai-nilai pada
pembentukan kepribadian siswa di Sekolah Menengah Kejuruan Miftahul Qulub
Polagan Kecamatan Galis Kabupaten Pamekasan dengan berorientasi pada visi
dan misi sekolah, yaitu visi menyiapkan dan mengembangkan sumber daya insani
yang berkualitas di bidang IPTEK dan keterampilan, dan misi mengoptimalkan
akhlak keimanan dan ketaqwaan. Penanaman nilai-nilai moralitas pada siswa
diantaranya religius, sosialitas, kejujuran, kemandirian, dan tanggung jawab. (2)
kendala-kendala yang dihadapi dalam penanaman nilai-nilai pada pembentukan
kepribadian siswa di Sekolah Menengah Kejuruan Miftahul Qulub Polagan
Kecamatan Galis Kabupaten Pamekasan adalah kendala internal seperti anak
tidak memperhatikan perintah guru dan kendala sosio-kultural seperti kurangnya
perhatian orang tua, pengaruh lingkungan, dan pengaruh media informasi.
Tidak tersedia versi lain