Text
Motivasi Guru Pada Peningkatan Hasil Belajar Siswa Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Faizin Taro’an Tlanakan Pamekasan, Skripsi
Muhammad Tamamullah, 2016, Motivasi Guru Pada Peningkatan Hasil Belajar
Siswa Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Faizin Taro’an Tlanakan
Pamekasan, Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan
Tarbiyah, Pembimbing: Dr. Buna’i, S. Ag, M. Pd
Katakunci: motivasi guru, peningkatan hasil belajar.
Motivasi merupakan kondisi psikologis yang mendorong seseorang untuk
melakukan sesuatu. dalam kegiatan belajar, motivasi bisa dikatakan sebagai
keseluruhan daya penggerak di dalam diri siswa yang menimbulkan, menjamin
kelangsungan dan memberikan arah kegiatan belajar, sehingga diharapkan tujuan
yang diinginkan dapat tercapai. Namun tidak semua siswa memiliki motivasi
intrinsik, ada sebagian siswa yang memang membutuhkan motivasi ekstrinsik
agar gairah belajarnya bangkit kembali. Salah satunya motivasi dari guru.
Ada tiga permasalahan yang menjadi pokok kajian dalam penelitian ini,
Pertama, bentuk motivasi guru pada peningkatan hasil belajar siswa Madrasah
Ibtidaiyah Miftahul Faizin Taro’an Tlanakan Pamekasan. Kedua, pelaksanaan
motivasi guru dalam meningkatkan hasil belajar siswa Madrasah Ibtidaiyah
Miftahul Faizin Taro’an Tlanakan Pamekasan. Ketiga, kendala yang dihadapi
guru dalam pemberian motivasi pada peningkatan hasil belajar siswa Madrasah
Ibtidaiyah Miftahul Faizin Taro’an Tlanakan Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif.
Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Informannya adalah guru, siswa dan kepala sekolah. Sedangkan pengecekan
keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan peneliti,
triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, bentuk motivasi yang
digunakan guru dalam meningkatkan hasil belajar siswa bermacam-macam
diantaranya seperti: memberikan angka atau nilai, pujian, hukuman atau teguran,
tugas, dan hadiah serta memberikan pandangan kepada siswa tentang orang-orang
sukses. Kedua, pelaksanaan pemberian motivasi oleh guru pada peningkatan hasil
belajar siswa cukup baik dan sudah ada perkembangan meskipun tidak maksimal.
Ketiga, kendala yang dihadapi guru dalam pemberian motivasi pada peningkatan
hasil belajar siswa diantaranya: terletak pada siswa, baik yang menyangkut
tentang pemahaman siswa terhadap materi yang diberikan guru ataupun
keseriusan dan sikap siswa dalam memperhatikan penjelasan dari guru,
keterbatasan fasilitas yang ada di madrasah juga menjadi kendala bagi guru dalam
pemberian motivasi.
Tidak tersedia versi lain