Text
PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP PENDIDIKAN MADRASAH DINIYAH DI DESA GUNUNG MADDAH KECAMATAN SAMPANG KABUPATEN SAMPANG
JAILANI, 2016, Persepsi Masyarakat Terhadap Pendidikan Madrasah Diniyahh
Di Desa Gunung Maddah Kec. Sampang Kab. sampang, Skripsi, Program studi
PAI, Jurusan Tarbiyah, Pembimbing: Drs. H. Zaini.MM.
Kata Kunci: Persepsi, Pendidikan Madrasah Diniyah
Pendidikan Madrasah Diniyah merupakan pendidikan non formal yang
saat ini masih tetap berlangsung di tengah-tengah Masyarakat, khususnya
Masyarakat Desa Gunung Maddah. Sikap masyarakat Desa Gunung Maddah
dalam menanggapi keberadaan pendidikan Madrasah Diniyah sangat beragam.
Meskipun demikian, pendidikan Madrasah Diniyah di Desa Gunung Maddah
sangat diterima oleh masyarakat setempat. Meskipun masih terdapat banyak
kendala dalam keberlangsungan pendidikan madrasah diniyah As-salafiyah Al-
badriyah 2.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua permasalahan yang menjadi kajian
pokok dalam penelitian ini. Yang pertama; Bagaimana Sikap Masyarakat terhadap
keberlangsungan pendidikan madrasah diniyah di desa Gunung Maddah
Kecamatan Sampang Kabupaten Sampang. Kedua; Apa saja yang menjadi
Kendala dalam keberlangsungan pendidikan Madrasah Diniyah di Desa Gunung
Maddah Kecamatan Sampang Kabupaten Sampang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif.
Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Informasinya adalah Kepala Madrasah, para Asatid, santri, dan Masyarakat
khususnya para wali Santri. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan
melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, trigulasi, dan uraian
rinci.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa; pertama, sikap masyarakat dalam
menanggapi keberlangsungan pendidikan madrasah diniyah di desa Gunung
Maddah sangat Beragam. Dan dijadikan dua sikap yakni sikap masyarakat yang
menanggapi negatif dan sikap masyarakat menanggapi positif. Adapun anggapan
yang bersifat negatif yaitu menyatakan bahwa madrasah diniyah tidak bisa
menjamin masa depan anak menjadi lebih baik, madrasah diniyah tidak bisa
membawa anak menjadi orang sukses, dan ada juga yang berpandangan ijazah
yang dikeluarkan madrasah diniyah tidak bisa digunakan dan melamar untuk bisa
mendapatkan pekerjaan. Sedangkan sikap masyarakat yang bersifat positif dalam
menanggapi keberlangsungan madrasah diniyah, menyatakan bahwa pendidikan
agama yang dipelajari di madrasah diniyah sangatlah penting untuk anak-anaknya
agar bisa dijadikan bekal keselamatan didunia dan akhirat. Disamping itu
pendidikan agama yang diberikan oleh madrasah diniyah jauh lebih banyak dan
mengenak dibandingkan yang diberikan oleh umum, karena mengingat jatah
waktunya yang sangat sedikit, sehingga tidaklah cukup untuk menjadikan anak
berakhlak mulia. Kedua; Kendala dalam keberlangsungan pendidikan madrasah
diniyah di desa Gunung Maddah Kecamatan Sampang Kabupaten Sampang masih
terdapat banyak kendala, seperti: Sumber dana yang sangat minim, tenaga
pengajar yang minim, alokasi waktu yang juga minim serta perhatian dan
dukungan dari pemerintah setempat sangat minim, sehingga pendidikan madrasah
diniyah yang berlangsung di desa gunung Maddah masih perlu diperbaiki dan
Tidak tersedia versi lain