Text
UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI MEMBACA DAN MENULIS PROGRAM KELAS MENULIS DI SD PLUS NURL HIKMAH PAMEKASAN
Nor Holis, 2017, Upaya Peningkatan Motivasi Membaca dan Menulis siswa melalui program kelas menulis di SD Plus Nurul Hikmah Pamekasan, Skripsi, Program Studi PAI, Jurusan Tarbiyah, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pamekasan, Pembimbing: Dr.H.Atiqullah, S.Ag, M.Pd.
Kata Kunci: Peningkatan Motivasi Membaca dan Menulis, Kelas Menulis
Skripsi ini membicarakan tentang upaya peningkatan motivasi membaca dan menulis melalui program kelas menulis di SD Plus Nurul Hikmah Pamekasan. Ada dua Fokus yang menjadi pokok kajian dalam penelitian ini. Petama, Bagaimana proses pelaksanaan peningkatan motivasi membaca dan menulis melalui program kelas menulis di SD Plus Nurul Hikmah Pamekasan .Kedua, Apa faktor kendala dalam pelaksanaan peningkatan motivasi membaca dan menulis melalui program kelas menulis di SD Plus Nurul Hikmah Pamekasan
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Pengumpulan data didapat oleh peneliti melalui interview, observasi dan analisis dokumentasi. Adapun informan atau subjek dari penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah, kesiswaan, kepala urusan kurikulum, guru, mentor kelas menulis dan sebagian siswa yang mengikuti program kelas menulis di SD Plus Nurul Hikmah Pamekasan.Sedangkan teknik yang digunakan untuk mengecek kredibilitas data yaitu perpanjangan kehadiran peneliti dan observasi mendalam.
Dari hasil penelitian dapat dipaparkan:Pertama, proses pelaksanaan peningkatan motivasi membaca dan menulis siswa melalui program kelas menulis di SD Plus Nurul Hikmah Pamekasan adalah: 1) Mentor diawal pertemuan memberikan tes kepada siswa untuk mengetahui potensi yang dimiliki oleh masing-masing siswa. 2) Lalu mentor memberi motivasi dan memberikan materi kepada siswa sesuai dengan potensi yang dimiliki siswa dengan menggunakan metode yang sesuai dengan kebutuhan siswa agar pelaksanaan kelas menulis membuat siswa nyaman dan senang. 3) mentor memberikan tugas tambahan yang relevan dengan materi sebagai bahan evaluasi bagi siswa, 4 Mentor mengevaluasi sejauh mana perkembangan setiap siswa dengan melihat seberapa banyak siswa yang tambah suka membaca dan gemar menulis Kedua, Kendala yang dialami ketika melaksanakan program kelas menulis adalah Perbedaan kemampuan siswa dalam menerima materi.
Hasil penelitian ini diharapkan menjadi bahan masukan bagi seluruh civitas akademik di SD Plus Nurul Hikmah Pamekasan khususnya bagi Kepala Sekolah dan para Mentor dikelas menulis untuk bisa lebih meningkatkan kualitas program kelas menulis sehingga bisa bisa mencetak siswa yang cinta membaca dan rajin menulis.
Tidak tersedia versi lain