Text
Ketersediaan Buku Teks dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN Buker 3 Kecamatan Jrengik Kabupaten Sampang
SitiHofidah 2016, Ketersediaan Buku Teks dalam Pembelajaran Pendidikan
Agama Islam di SDN Buker 3 Kecamatan Jrengik Kabupaten Sampang,
Skripsi, Program Studi PAI, Jurusan Tarbiyah, Sekolah Tinggi Agama
Islam Negeri Pamekasan, Moh. Hafid Effendy, M.Pd.
Kata kunci : ketersediaan buku teks, pendidikan agama Islam
Belajar mandiri bagi siswa suatu hal yang sangat menguntungkan, dan
belajar mandiri harus di biasakan, dan guru-guru harus menganjurkan siswa atau
anak didiknya banyak belajar mandiri, salah satu cara guru untuk menciptakan
belajar mandiri bagi peserta didiknya adalah dengan memberikan tugas, kepada
siswa diminta menyelesaikan tugas atau pekerjaan rumah dalam waktu tertentu,
tugas mandiri tersebut terdapat di dalam buku-buku teks, akhirnya kita
menciptakan dunia belajar bagi anak didik, dan membiasakan anak didik dengan
buku teks.
Ada dua pokok permasalahan yang menjadi kajian utama penelitian ini,
yaitu: (1) Bagaimana Upaya Penyediaan Buku Teks PAI sebagai bahan ajar di
SDN Buker 3 Kecamatan Jrengik Kabupaten Sampang. (2) Bagaimana
Pemanfaatan Buku Teks PAI dalam Kegiatan Belajar Mengajar di SDN Buker 3
Kecamatan Jrengik Kabupaten Sampang?
Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui Upaya Penyediaan Buku
Teks sebagai bahan ajar Islam di SDN Buker 3 Kecamatan Jrengik Kabupaten
Sampang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis
penelitian deskriptif. Data yang diperoleh yaitu dengan cara observasi, wawancara
dan dokumentasi. Teknik pengecekan keabsahan data melalui perpanjangan
keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) Upaya penyediaan buku teks
sebagai bahan ajar di SDN Buker 3 Kecamatan Jrengik Kabupaten Sampang yaitu
dengan merencanakan anggaran untuk pembelian
buku, dimana dalam
penyediaan buku untuk anggaran tersebut penting dalam buku-buku yang terbatas.
Dalam ketersediaan buku teks pendidikan agama Islam sudah tersedia, disediakan
oleh sekolah, sekolah mendapat buku tersebut dari pusat perbukuan yang telah di
setujui oleh permendiknas, adapun ketersediaan buku tersebut bersumber dari
penerbit Erlangga, penerbit Cempaka Putih dalam kurikulum 2013. (2)
Pemanfaatan ketersediaan buku teks dalam kegiatan belaja rmengajar di SDN
Buker 3 Kecamatan Jrengik Kabupaten Sampang. Buku teks memanfaatkan untuk
proses kegiatan belajar mengajar (KBM) baik siswa atau guru, siswa dalam
menyerap pelajaran yang akan diberikan dapat berjalan dengan lancar. proses
KBM terjadi karena ada intraksi antara guru dan siswa melalui ketersediaan buku
teks, sehingga KBM menjadi komunikatif, aktif, dan menyenangkan artinya
pembelajaran tidak hanya di dominasi oleh guru, akan tetapi siswa menjadi aktif
dalam menerima apa saja yang disampaikan guru. Dalam kegiatan pembelajaran,
buku teks sangat penting atau sangat bermanfaat untuk membantu memediasi dan
memahami pelajaran dengan mudah, siswa menjadi aktif, dan terciptanya suasana
kelas yang kondusif.
Tidak tersedia versi lain