Text
PENDIDIKAN KETERAMPILAN BERDAKWAH DALAM RANGKA PELAKSANAAN PROGRAM TOUR DAKWAH SANTRI KELAS XII MADRASAH ALIYAH AL-ITTIHAD AL ISLAMI CAMPLONG SAMPANG.
Aisyie Ladzidzah. 2016.“Pendidikan Keterampilan Berdakwah dalam Rangka
Pelaksanaan Program Tour Dakwah Santri Kelas XII Madrasah
Aliyah Al-Ittihad Al-Islami Camplong Sampang. Skripsi Program
Studi Pendidikan Agama Islam. Jurusan Tarbiyah STAIN
Pamekasan, Pembimbing: Dr. H. Mohammad Kosim, M. Ag.
Kata Kunci: Pendidikan Keterampilan Berdakwah, Tour Dakwah.
Dakwah merupakan kewajiban yang harus dilaksanakan. Oleh karena itu
berbagai cara dilakukan dalam menyampaikan ajaran agama Islam. Adanya
program tour dakwah bertujuan untuk melatih santri supaya dapat
menyampaikan dakwah dengan baik. Karena program tour dakwah merupakan
program terpadu. Sehingga, sebelum pelaksanaan program tersebut diperlukan
persiapan yang baik. Sebagai upaya mendidik santri supaya dapat terampil
berdakwah.
Berdasarkan hal tersebut, ada tiga pokok permasalahan yang menjadi
kajian dalam penelitian ini yaitu: pertama, apa saja program pendidikan
keterampilan berdakwah dalam rangka pelaksanaan program tour dakwah
santri kelas XII Madrasah Aliyah Al-Ittihad Al-Islami Camplong Sampang.
Kedua, bagaimana pelaksanaan program pendidikan keterampilan berdakwah
dalam rangka pelaksanaan program tour dakwah santri kelas XII Madrasah
Aliyah Al-Ittihad Al-Islami Camplong Sampang. Ketiga, apa saja kendala yang
dihadapi dalam pelaksanaan pendidikan keterampilan berdakwah dalam rangka
pelaksanaan program tour dakwah santri kelas XII Madrasah Aliyah Al-Ittihad
Al-Islami Camplong Sampang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data yang diperoleh
dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber datanya yaitu
Santri kelas XII, Kepala Madrasah dan guru yang berkaitan dengan persiapan
program tersebut. Adapun teknik analisis datanya menggunakan reduksi data,
display data dan verifikasi data sedangkan tehnik pengecekan keabsahan
datanya melalui perpanjangan keikutsertaan, triangulasi dan pengecekan
anggota.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; Pertama, Program pendidikan
keterampilan berdakwah dalam rangka pelaksanaan program tour dakwah
santri kelas XII Madrasah Aliyah Al-Ittihad Al-Islami Camplong Sampang
telah dilaksanakan. Melalui beberapa program yaitu program harian dan
program tahunan. Kedua, Pelaksanaan program pendidikan keterampilan
berdakwah dalam rangka pelaksanaan program tour dakwah santri kelas XII
Madrasah Aliyah Al-Ittihad Al-Islami Camplong Sampang dilaksanakan
berbeda-beda sesuai jadwal yang telah ditentukan. Seperti tausiyah ustad pada
hari sabtu, seminar pada bulan november, kultum setiap bulan sekali secara
bergiliran. Ketiga, kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan pendidikan
keterampilan berdakwah dalam rangka pelaksanaan program tour dakwah
santri kelas XII Madrasah Aliyah Al-Ittihad Al-Islami Camplong Sampang
yakni faktor ekternal yaitu kurangnya pengawasan dari ISMII, ketua kamar dan
para asatid. Sedangkan faktor intenal yaitu rasa malas santri, kurang percaya
diri, nerves, kurang berusaha untuk belajar lebih baik dan lainnya.
Tidak tersedia versi lain