Text
Pembelajaran Al-Quran Dengan Metode Tilawati Di Taman Kanak-kanak Al-Qur’an Nurud Dhalam Nyalabu Daya Pamekasan
Khairul Ahmadi, 2016, Pembelajaran Al-Quran Dengan Metode Tilawati Di
Taman Kanak-kanak Al-Qur’an Nurud Dhalam Nyalabu Daya Pamekasan. Skripsi
Program Studi PAI, Jurusan Tarbiyah Pembimbing: Dr. H.Moh. Muchlis Solichin,
M.Ag.
Kata Kunci: Pembelajaran Al-Qur’an, Metode Tilawati
Al-Qur’an merupakan kitab suci berbahasa Arab yang teragung (Kitab
Arabiyah Al-Akbar) dengan nilai stara yang tinggi. Kitab suci Al-Qur’an, yang
diwahyukan kepada Nabi Muhammad saw, merupakan sumber petunjuk dan
ilham abadi bagi tingkah laku manusia, baik individu maupun kolektif. Dalam
membaca dan mengajarkan Al-Qur’an merupakan suatu ibadah yang sangat utama
bagi manusia di dunia, dalam mengajarkan membaca Al-Qur’an harus
menggunakan metode yang baik dan efektif demi tercapainya tujuan pembelajara
Al-Qur-an. Dalam era baru ini banyak metode yang digunakan dalam
pembelajaran Al-Qur’an diantara: metode tilawati. Metode Tilawati sebagai salah
satu metode belajar membaca Al-Qur’an yang muncul diantara beberapa metode
pembelajaran Al-Qur’an dalam upaya memasyarakatkan Al-Qur’an bagi umat
Islam. Taman Kanak-kanak Al-Qur’an Nurud Dhalam adalah lembaga pendidikan
yang ada Nyalabu Daya Kabupaten Pamekasan. Lembaga tersebut melaksanakan
Pembelajaran Al-Qur’an dengan Metode Tilawati.
Ada dua fokus penelitian yang menjadi kajian utama penelitian ini, yaitu :
(1).Bagaimana pembelajaran Al-Qur’an dengan menggunakan metode Tilawati Di
Taman Kanak-Kanak Nurud Dhalam Nyalabu Daya Pamekasan. (2).Apa yang
menjadi Kendala dalam pembelajaran Al-Qur’an dengan menggunakan metode
Tilawati Taman Kanak-Kanak Nurud Dhalam Nyalabu Daya Pamekasan
Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan dengan menggunakan
pendekatan kualitatif. Dalam perjalanan mengumpulkan data, penulis
menggunakan metode observasi, wawancara/interview, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pembelajaran Al-Qur’an dengan
menggunakan metode Tilawati Di Taman Kanak-Kanak Nurud Dhalam Nyalabu
Daya Pamekasan. Palaksanaan penerapan metode tilawati dengan langkah-
langkah sebagai berikut: 1) Pendidik/guru dan peserta didik wajib memiliki buku
pegangan tilawati. 2) Pendidik/guru menyediakan media. 3) Berdoa dan bernyanyi
bernuasa keislaman 4) Pendidik/guru mengabsen anak didik.5) Melakukan
pendekatan sorogan atau individual secara klasikal dengan tehnik baca simak
dengan memanfaatkan warna merah di dalam buku tilawati. Adapun faktor
pendukung dan penghambat dalam penerapan metode tilawati, yaitu, semangat
(antusias) para orang tua/ wali peserta didik dalam menjalin kerja sama dengan
peserta didik, profesionalisme pendidik/guru, susunan dan format buku pegangan
tilawati baik, bagus, dan mudah dipahami. Sedangkan faktor penghambatnya
yaitu: ketidak rataan kemampuan peserta didik dalam mencerna atau menyerap
6materi, yang di sampaikan oleh pendidik, peserta didik, nakal,kurangnya sarana,
media, dan alat peraga. kurang informasi tentang inovasi penerapan metode.
Tidak tersedia versi lain