Text
Penerapan Nilai-Nilai Syariah dalam Meningkatkan Volume Penjualan Produk di BMT UGT Sidogiri Capem Pagendingan Pamekasan
ABSTRAK
Muh Rasul 2016, Penerapan Nilai-Nilai Syariah dalam Meningkatkan Volume Penjualan Produk di BMT UGT Sidogiri Capem Pagendingan Pamekasan, Skripsi, Program Studi Perbankan Syariah, Jurusan Ekonomi dan Bisnis Islam Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Pamekasan, Pembimbing Fatekhul Mujib
Kata kunci: Nilai-Nilai Syariah, Volume Penjualan Produk
Nilai-nilai syariah ini sangat penting dalam perbankan syariah karena didalamnya terkandung karakter yang unik yang tidak dapat ditemukan pada perbankan konvensional. Keunikannya salah satu diantaranya keadilan atau kesetaraan, yaitu dengan membebaskan bunga diganti dengan prinsip bagi hasil. Salah satu BMT yang berkembang adalah koperasi BMT-UGT Sidogiri capem Pagendingan yang lebih mengedepankan nilai-nilai islam dalam memasarkan produknya. Terbukti dengan menerapkan nilai-nilai Syariah BMT Sidogiri Capem Pagendingan mengalami peningkatan dalam penjualan produknya. Khususnya tabungan umum syariah selalu meningkat setiap tahunnya. Maka dari itu semuamasyarakatpercayauntukmenanamkandananya di BMT.Sehingganilai-nilai Islam ini perlu ditingkatkan oleh setiap pengelola BMT.
Dalam penelitian ini peneliti memfokuskan pada (1) Apasajaproduk yang ditawarkan BMT UGT SidogiricapemPagendinganPamekasanpadamasyarakat ? (2) Bagaimanaparapengelola BMT UGT Sidogirimemegangteguhsikapkejujuran, kesetaraan, amanahdankeadilan ? (3) Bagaimanastatistikapenjualanproduk di BMT-UGT SidogiricapemPagendinganPamekasan ?.
Tujuan dari penelitian ini Untuk mengetahui (1)Bagaimana para pengelola BMT UGT Sidogiri memegang teguh sikap kejujuran, kesetaraan, amanah dan keadilan.(2)Untuk mengetahui Apa saja produk yang ditawarkan BMT UGT Sidogiri capem Pagendingan pada masyarakat. (3)Untuk mengetahui Bagaimana statistika penjualan produk di BMT-UGT Sidogiri capem Pagendingan Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Sumber data yang diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informannya adalah pihak Koperasi BMT UGT Sidogiri capem pagendingan pamekasan baik karyawan dan nasabah bagian pembiayaan maupun marketing. Pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan kehadiran peneliti dan ketekunan pengamatan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwasanya 1. Produk-Produk yang ditawarkan BMT UGT Sidogiri capem Pagendingan Pamekasan pada masyarakat dalam penghimpunan dana adalah tabungan tabungan umum syariah, tabungan Haji Al- Haromain, tabungan Umrah Al- Hasanah, tabungan Idul Fitri, tabungan lembaga peduli siswa. Dimana dalam tabungan ini menggunakan akad mudharabah musytarakah. pembiayaan di pembiayaan ada beberapa jenis. Beberapa jenis pembiayaan yang ditawarkan kepada masyarakat oleh BMT UGT Sidogiri capem Pagendingan Pamekasan dalam keuntungan yang diberikan oleh BMT menggunakan sistem bagi hasil sehingga nasabah tidak merasa dirukan.. 2. penerapan nilai nilai syariah di BMT UGT Sidogiri pagendingan Pamekasan dalam penerapan nilai nilai syariah yaitu dengan kejujuran kesetaraan amanah dan keadilan. Dimana di BMT pagendinagn sanagt memegang teguh sikap kejujuran keadilan amanah dan kesetaraan sehingga masyarakat merasaya nyaman menjadi anggota karena pengelolaan di BMT sesuai dengan koridor koridor agama islam..
3. Statistika Penjualan Produk di BMT UGT Sidogiricapem Pagendingan Pamekasan -pada tahun 2011-2013, meningkatnya datar (standar) -Padatahun 2014-2016, meningkatnya sangat signifikan (tinggi)
Tidak tersedia versi lain