Text
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN AL-QUR'AN DI SD AL-QUR'AN UMMUL QURO DUSUN PANGAPORAN DESA PLAKPAK KABUPATEN PAMEKASAN
Hayati, 2017. Pelaksanaan Pembelajaran Al-Qur’an Di SDA (Sekolah Dasar Al-
Qur’an) Ummul Quro Dusun Pangaporan Desa Plakpak Kabupaten Pamekasan,
Skripsi, Program Studi PAI, Jurusan Tarbiyah, STAIN Pamekasan, Pembimbing:
Dr. H. Zainuddin Syarif , M.Ag.
Kata Kunci : Pelaksanaan Pembelajaran, Al-Qur’an.
Al-Qur’an sebagai kitab suci bagi umat islam harus mendapatkan
perlakuan terhormat sesuai dengan status kedudukannya dalam agama islam. Bagi
siswa perlu diperkenalkan adanya sopan santun (ta’dib) tentang bagaimana
memperlakukan Al-Qur’an sebagai kalamullah (wahyu). Belajar Al-Qur’an
seyogyanya berwudhu’, menempatkan Al-Qur’an pada tempat terhormat, tidak
menjinjing Al-Qur’an tetapi harus dipangku dan sebagainya, sebagai tatakrama
belajar Al-Qur’an.
SDA Ummul Quro merupakan salah satu lembaga sekolah dasar yang
sudah mulai menerapkan membaca Al-Qur’an setiap ada mata pelajaran
Pendidikan Agama Islam tetapi cara membaca Al-Qur’annya masih belum
memahami atau menerapkan pembelajaran Al-Qur’annya tetapi dalam metodenya
sudah diterapkan. Persoalan ini masih menjadi masalah, mulai dari membaca para
siswanya masih relatif rendah, karena peserta didik kurang menguasai mengenai
cara pembacaan Al-Qur’an dengan benar.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua permasalahan yang menjadi kajian
pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama, Bagaimana pelaksanaan pembelajaran
al-qur’an di SDA Ummul Quro?. kedua, Apa saja faktor pendukung dan
penghambat dalam pembelajaran Al-Qur’an di SDA Ummul Quro?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis deskriptif.
Data yang diperoleh dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber
data primer adalah pihak sekolah meliputi kepala sekolah, guru dan siswa.
Adapun teknik data yang digunakan adalah analisis non statistik, yang dianalisis
adalah data yang lebih terhimpun dalam transkip wawancara, catatan lapangan
dan dokumentasi meliputi checking dan organizing. Sedangksn teknik pengecekan
keabsahan datanya melalui triangulasi.
Hasil penelitian ini adalah bahwa: pertama, pelaksanaan pembelajaran Al-
qur’an di SDA ummul qura mengunakan metode sorogan dan bandongan. Kedua,
evaluasi pembelajaran meliputi kefasihan membaca dan ketepatan tajwid.
Kemudian, faktor pendukungnya adalah sarana-prasarana yang lengkap dan Mata
Pelajaran yang menunjang, sementara faktor penghambatnya adalah Pengaruh
pergaulan dan daya ingat siswa yang berbeda-beda.
Tidak tersedia versi lain