Text
MOTIVASI GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI SMA NURUL HIDAYAH SOKOBANAH SAMPANG.
Mustajib, 2016, Motivasi Guru Dalam Proses Pembelajaran di SMA Nurul Hidayah Sokobanah Sampang, Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, jurusan Tarbiyah, pembimbing: Dr. Atiqullah, S. Ag, M.Pd
Kata kunci: Motivasi Guru Dalam Proses Pembelajaran.
Pembelajaran yang berkualitas sangat bergantung dari motivasi siswa dan kreatifitas guru. Pembelajaran yang memiliki motivasi tinggi ditunjang dengan guru yang mampu memfasilitasi motivasi tersebut akan membawa pada keberhasilan pencapaian target belajar. Target belajar dapat di ukur melalui perubahan sikap dan kemampuan siswa melalui proses belajar.
Ada tiga fokus penelitian yang menjadi kajian utama penelitian ini, yaitu (1) Bagaimana bentuk motivasi guru dalam proses pembelajaran siswa di SMA Nurul Hidayah Sokobanah Sampang? (2) Faktor apa saja yang menjadi motivasi bagi guru dalam proses pembelajaran siswa di SMA Nurul Hidayah Sokobanah Sampang? (3) Bagaimana cara guru memotivasi siswa proses pembelajaran di SMA Nurul Hidayah Sokobanah Sampang?
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) bentuk motivasi guru dalam proses pembelajaran siswa di SMA Nurul Hidayah Sokobanah Sampang. (2) faktor apa saja yang menjadi motivasi bagi guru dalam proses pembelajaran siswa di SMA Nurul Hidayah Sokobanah Sampang (3) untuk mengetahui cara guru memotivasi siswa dalam proses pembelajaran di SMA Nurul Hidayah Sokobanah Sampang.
Dalam penelitian ini peneliti menggunakan penelitian kualitatif dan jenis penelitian ini termasuk pada studi kasus yang bersifat deskriptif, sumber data penelitian ini adalah kepala Sekolah, guru dan siswa, prosedur pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi, teknik analisis data ada tiga langkah yang harus dilakukan yaitu Reduksi Data, Penyajian Data dan Penarikan Kesimpulan. Pengecekan keabsahan data adalah ketekunan/keajegan pengamatan, triangulasi dan uraian rinci. Dan tahap – tahap penelitian adalah tahap pra lapangan, tahap pekerjaan lapangan, tahap analisis data dan penyusunan laporan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Motivasi guru dalam proses pembelajaran siswa dapat di kategorikan dengan baik, dengan beberapa motivasi yang di berikan guru meliputi, guru memberikan tugas pada siswa baik secara individu ataupun kelompok, guru memberikan penghargaan bagi siswa yang berprestasi, guru memberikan nasehat dan praktek nyata dalam kehidupan sehari-hari, guru membantu siswa yang mengalami kesulitan belajar serta berusaha akrab secara personal dan sebelum KBM dimulai diawali dengan cerita inspiratif dan menghargai hasil kerja mereka sekecil apapun. (2) Strategi yang digunakan guru ketiika memotivasi siswa dalam proses pembelajaran yaitu menggunakan metode diskusi, ceramah dan bermain (3) ada dua faktor yang menjadi guru memotivasi siswa dalam proses pembelajaran yaitu, faktor internal dan eksternal, proses pemberian motivasi guru dalam proses pembelajaran dilaksanakan karena adanya faktor pendukung dan dan penghambat sehingga proses motivasi dalam proses pembelajaran dilakukan demi meningkatkan aktivitas siswa dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar.
Tidak tersedia versi lain