Text
VARIASI MENGAJAR GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SDI AL-BAROKAH DESA KRAMAT TLANAKAN PAMEKASAN.
Sitti Rokayyah, 2016, Variasi Mengajar Guru PAI di SDI Al-Barokah Desa
Kramat Tlanakan Pamekasan, Skripsi, Program Studi PAI, Jurusan Tarbiyah,
Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Pamekasan, Pembimbing: Dr. H. Saiful
Hadi, M.Pd.
Kata Kunci: Variasi Mengajar Guru PAI
Keterampilan mengajar merupakan hal penting dalam proses pembelajaran
yang harus selalu di tingkatkan dan di kembangkan sesuai dengan perkembangan
dunia pendidikan kontemporer, karena keterampilan guru akan berpengaruh
terhadap pelaksanaan proses belajar mengajar. Dan hal ini juga ada kaitanya
dengan variasi mengajar seorang guru harus senantiasa bisa mengaplikasikan ilmu
yang ia miliki dengan kemampuan yang ada pada dirinya sehingga proses
pembelajaran berjalan dengan optimal. Dengan demikian seorang guru dituntut
dengan senantiasa memahami dan selalu meningkatkan keterampilan guru
khususnya variasi gaya mengajar.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua permasalahan yang menjadi kajian
pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama, bagaimana variasi gaya mengajar guru
PAI di SDI Al-Barokah Desa Kramat Tlanakan Pamekasan; kedua, apa saja
kendala variasi mengajar gaya guru PAI di SDI Al-Barokah desa Kramat
Tlanakan Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif sedangkan jenis
penelitian yang digunakan deskriptif. Sedangkan wawancara, observasi, dan
dokumentasi. Informannya adalah jajaran pendidik, guru PAI dan kepala sekolah.
Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan keikut
sertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi. Sebagai data penunjang
pengumpulan data berlangsung selama 35 hari, mulai tanggal 2 Agustus 2016
sampai 5 September 2016.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, guru PAI sudah
melakukan variasi gaya mengajar, seperti variasi suara, pemusatan perhatian,
mengadakan diam sebentar/ kesenyapan, kontak pandang, gerak anggota badan,
pindah posisi, variasi media, variasi pola interaksi dengan anak didik. Kedua,
Guru PAI dalam kegiatan proses pembelajaran mengalami kendala pada
pembelajaran PAI siswa ada yang menangis, bertengkar, dan bergurau sehingga
mengganggu situasi pada saat proses pembelajaran. Adapun usaha yang
dilakukan guru PAI yaitu dengan cara menghibur siswa, menenangkan siswa,
dengan cara memberikan perhatian, nasehat, dan memotivasi siswa agar proses
belajar mengajar bisa dilakukan dengan baik dan lancar.
Berdasarkan hasil penelitian di atas, Variasi Mengajar Guru Agama Islam
di SDI Al-Barokah Desa Kramat Tlanakan Pamekasan perlu dikembangkan atau
ditingkatkan agar keberhasilan proses belajar mengajar semakin meningkat dan
lebih berprestasi.
Tidak tersedia versi lain