Text
HIDDEN CURRICULUM DALAM MENUNJANG KEBERHASILAN PENDIDIKAN KARAKTER SISWA DI MI TARBIYATUL ATHFAL SERA TENGAH BLUTO SUMENEP
IkaNurjannah,
2017,
Hidden
Curriculum
DalamMenunjangKeberhasilanPendidikanKarakterSiswa
di
MI.
TarbiyatulAthfal Sera Tengah BlutoSumenep,Skripsi, JurusanTarbiyah,
Pendidikan Agama Islam, SekolahTinggi Agama Islam Negeri (STAIN)
Pamekasn, Pembimbing: Drs. H. SaifulHadi, M.Pd.I.
Kata Kunci:Hidden Curriculum,PendidikanKarakter
Hidden
Curriculumadalahkurikulum
yang
tidakdirencanakandantidaktermasukkedalamkurikulumsekolah,
tetapimemilikibanyakhalpentingbagikehidupansiswa.Berbagaihaltersebutbersumbe
rdarikeadaankeseharian
yang
tidakdirancangsekolah,
sepertinilaiketeraturandansuasanasekolah
yang
nantinyadapatmembentukkaraktersiswamenjadibaik.
Penelitianiniada 3 fokuspermasalahan, yaitu: pertama,Bagaimana
gambaran
hidden
curriculumdalammenunjangkeberhasilanpendidikankaraktersiswa di Madrasah
IbtidaiyahTarbiyatulAthfal
Sera
Tengah
BlutoSumenep.
Kedua,Apasajafaktorpendukungpelaksanaanhidden
curriculumdalammenunjangkeberhasilanpendidikankaraktersiswa di Madrasah
IbtidaiyahTarbiyatulAthfal
Sera
Tengah
BlutoSumenep.Ketiga,Apasajafaktorpenghambatpelaksanaanhidden
curriculumdalammenunjangkeberhasilanpendidikankaraktersiswa
di
MI.TarbiyatulAthfal Sera Tengah BlutoSumenep.
Penelitianmenggunakanpendekatankualitatif yang berbentukdeskriptif,
sumber data yang diperolehdengancaraobservasi, wawancara, dandokumentasi.
Tehnikpengecekankeabsahan
data
melaluiperpanjangankeikutsertaan,
ketekunanpengamatan,trianggulasi.Analisis
data
yang
digunakandalammenelitiadalahuntukmeperkuathasiltemuan
yang
dilakukanuraiansecaraterperincidanjelas.
Dari
hasilpenelitianlapanganmenunjukkanpertama,pelaksanaanhidden
curriculumdilaksanakandalam
dua
bentukyaitu:
1).Strukturalyaitupembinaansiswadi
luarkegiatanekstrakuriuler
yang
dilaksanakanoleh
madrasah
secaraterstrukturbaikkegiatanmaupunpelaksanaannyadanpenyediaanfasilitas yang
disediakanolehsekolah. Seperti: Peribadatan(sholat dhuha, tadarus Al-qur’an, shlat
dhuhur
berjamaah,
do’a
bersama,
tahlil,
istighosah,
dan
muhadharah).2).Nonstrukturalyaitupembinaan yang dilakukanoleh madrasah
terhadapsiswadalammembentukkaraktersiswa,
relasisosial,
kerjasama,
normasekolah, sertakedisiplinan. Seperti: memperhatikan guru saatmengajar,
menjagakebersihansekolah, kompakmengerjakantugaskelompok, mengucapkan
,memberikansalamketikabertemuguru.Kedua,faktorpendukungdalampelaksanaanhi
dden curriculum madrasah yaitu: adanyapartisipasisiswadan guru yang
tinggi,tersedianyafasilitas
yang
menunjangterhadappelaksanaanhidden
curriculummeskipunbelumsepenuhnyalengkap, adanyadukungandaripihakyayasan,
serta Adanya dukungan dari keluarga yaitu orang tua. Sedangkan yang
menjadifaktorpenghambatdalampelaksanaanhidden curriculumyaitu: fasilitas yang
tersedia di madrasah belumlengkap, Minimnyapartisipasidariparawalisiswa,
Belumtersedianyasumberdayamanusia
(SDM)
yang
tepat,
dan
rendahnyakesadaranwalisiswadalammemahamipentingnyaperanhidden
curriculumdalammembentukkaraktersiswa.
Tidak tersedia versi lain