Text
PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP PESERTA DIDIK JURUSAN OTOMOTIF DI SMK NEGERI 1 PASEAN
Aan Susanti 2016, pengaruh lingkungan sekolah terhadap peserta didik jurusan otomotif di
SMK Negeri 1 pasean, skripsi, program studi pendidikan agama islam, jurusan pendidikan
agama islam negeri pamekasan, pembimbing fathol haliq M. Si
Kata kunci: lingkungan sekolah, pembentukan moral
Pendidikan yang pertama kali diterima oleh seorang anak adalah didalam keluarga atau
dilingkungan keluarga, baru setelah anak beranjak dewasa barulah anak itu bisa mengenyam
pendidikan di lingkungan sekolah. Lingkungan sekolah adalah suatu tempat dilaksanakannya
suatu proses pembelajran yang sistematis dimana sekolah tersebut melaksanakan suatu
bimbingan, pengajaran dan pelatihan dalam rangka membantu siswa agar mampu
mengembangkan potensinya secara optimal, baik yang menyangkut aspek moral, spiritual,
intelektual, emosional, sosial, maupun fisik –motoriknya.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua permasalahan yang menjadi kajian pokok
dalam penelitian ini, yaitu: pertama, Adakah Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap
Pembentukan Moral Peserta Didik Jurusan Otomotif Di SMK Negeri 1 Pasean. Kedua,
Seberapa Besar Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Pembentukan Moral. Peserta Didik
Jurusan Otomotif Di SMK Negeri 1 Pasean.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitiannya
korasional. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah angket, observasi, dan
dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 92 orang Respondennya adalah siswa
jurusan otomotif di SMK Negeri 1 Pasean. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan
adalah analisis statistik dengan teknik product moment.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: tidak ada pengaruh lingkungan sekolah terhadap
pembentukan moral peserta didik jurusan otomotif di SMK Negeri 1 pasean. Hal ini dibuktikan
dengan hasil perhitungan data yang diperoleh melalui rumus analisis data produk momen yakni
0,065 dengan “r” tabel harga kritik produk moment, dari tabel tersebut diketahui bahwa “r”
tabel harga pada N 90 dan interval kepercayaan 95% diperoleh nilai 0,207dan pada interval
kepercayaan 99% diperoleh nilai sebesar 0,270.
Dengan demikian, angka korelasi “r” sebesar 0,065 lebih kecil dari “r” tabel pada
interval kepercayaan 95% yang berjumlah 0,207 dan pada interval kepercayaan 99%
berjumlah 0,270, dengan interpretasi nilai “r” kerja 0,065 berada diantara angka 0,000 – 0,200
dengan interpretasi sangat rendah. Hal ini menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh lingkungan
sekolah terhadap pembentukan moral peserta didik jurusan otomotif di SMK Negeri 1 pasean.
Agar pembentukan moral dan tingkah laku siswa lebih baik lagi maka diperlukannya
kerja sama yang baik antara pihak sekolah dengan pihak keluarga karena hal ini nantinya kan
mempunyai dampak yang positif bagi kedua belah pihak dan masyarakat sekitar.
Tidak tersedia versi lain