Text
PENGARUH KEDISIPLINAN GURU TERHADAP KEEFEKTIFAN PROSES BELAJAR MENGAJAR DI MTS AL-ANSHARIYAH PAMOROH KADUR PAMEKASAN
Faizal Moh, 2016, Pengaruh Kedisiplinan Guru Terhadap Keefektifan Proses
Belajar Mengajar di MTs Al-Anshariyah Pamoroh Kadur Pamekasan,
Skripsi, Jurusan Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam,
STAIN Pamekasan, Pembimbing: H. Mohammad Hasan, M.Ag.
Kata Kunci: Kedisiplinan Guru, keefektifan Proses Belajar Mengajar.
Ada dua permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian
ini.Yaitu: pertama. Adakah Pengaruh Kedisiplinan Guru di MTs Al-Anshariyah.
Desa Pamoroh, Kecamatan Kadur, Kabupaten Pamekasan.?, kedua. Seberapa
Besar Pengaruh Guru Terhadap Keefektifan Proses Belajar Mengajar di MTs Al-
Anshariyah?
Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif berjenis korelasi, yaitu
mencari hubungan antara kedisiplinan guru terhadap keefektifan proses belajar
mengajar di mts al-anshariyah. Jumlah sampel 30, populasi yang digunakan yaitu
Siswa MTs dengan menggunakan purposive sampling, instrument pokok yang
digunakan adalah analisis dan data statistik dengan teknik Produck moment.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama ,ada pengaruh kedisiplinan
guru terhadap keefektifan proses belajar mengajar di MTs al-anshariyah, dan
bahkan taraf urgensinya cukup signifikan. Dengan kata lain, keefektifan proses
belajar mengajar semakin baik dan meningkat dengan adanya kedisiplinan guru.
Kedua hal ini terbukti dari hasil analisis statistik yang menunjukkan r kerja ( 0,483 )
lebih besar dari harga kritik r, baik pada taraf signifikan 99%, yaitu 0,463,
maupun pada taraf 95% yaitu 0,361. Dan r kerja ketika di konsultasikan dengan
table interpretasi nilai r berada pada interval 0,40 - 0,599 dengan nilai interpretasi
sedang.
Tidak tersedia versi lain