Text
EFEKTIFITAS MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DALAM MEMBINA KARAKTER SISWA DI SMP ISLAM TANJUNG KEC. CAMPLONG KAB. SAMPANG
M. Khofi , 2016, Efektifitas Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Dalam Membina
Karakter Siswa Di SMP Islam Tanjung, Program Studi Pendidikan
Agama Islam, STAIN Pamekasan, Pembimbing: Dr. Edi Susanto,
M. Fil.I
Kata kunci: efektifitas mata pelajaran aqidah akhlak, mata pelajaran aqidah
akhlak, membina karakter siswa.
Kegiatan pendidikan tidak lepas dari seorang guru, karena guru merupakan
bagian terpenting dalam dunia pendidikan. Guru merupakan seorang yang
memiliki tanggung jawab yang sangat besar yang melebihi orang tua dalam
membimbing rohani dan sebagai uswah dalam mendidik peserta didiknya.
Aqidah Akhlak merupakan suatu ilmu yang menjelaskan pengertian baik
dan buruk atau jahat, dan menjelaskan apa yang diperlukan dalam pergaulan, dan
apa yang harus menjadi tujuan dalam tingkah laku, dan membagun karakter
dengan menjadikan aqidah akhlak konsep pemikiran dalam menjalani hidup yang
lebih sempurna. akhlak juga merupakan keadaan jiwa yang mendorong seseorang
untuk melakukan sesuatu perbuatan tanpa memerlukan pemikiran.
krakter sebagai nilai-nilai universal perilaku manusia yang meliputi seluruh
aktivitas kehidupan, baik yang berhubungan dengan Tuhan, diri sendiri, sesama
manusia, maupun dengan lingkungan.
Aqidah Akhlak dapat mengatur tata cara berprilaku dalam kehidupan sehari-
hari, seperti keyakinan terhadap Allah Ta’la, berakhlak kepada allah, tata cara
beradap ke sesama, menghormati kepada yang lebih tua, dan kepada semua
makhluk hidup. Adapun membina karakter merupakan upaya dalam
menyongsong, membina siswa agar menjadi pribadi yang sesuai dengan apa yang
diharapkan Islam. Dengan begitu mata pelajaran aqidah akhlak sangat
memberikan kontribusi dalam membina karakter siswa.
Dalam penelitian ini, terdapat tiga permasalahan yang menjadi kajian pokok
dalam penelitian ini, pertama, pelaksanaan mata pelajaran Akidah Akhlak di SMP
Islam Tanjung, kedua, efektifiitas mata pelajaran Akidah Akhlak dalam membina
karakter siswa di SMP Islam Tanjung, ketiga, perubahan yang dialami siswa
setelah diberikan pelajaran akidah akhlak di SMP Islam Tanjung.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
deskriptip, pengumpulan data dilakukan selama ±2 bulan, mulai tanggal 21 Juli
sampai dengan 29 september 2016, yang menjadi informan dalam penelitian ini
adalah kepala SMP Islam Tanjung, guru aqidah akhlak SMP Islam Tanjung,
Siswa SMP Islam Tanjung. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan
tehnik Interview (wawancara), observasi dan dokumentasi. Tehnik analisis data
5yang digunakan adalah deskriptif dengan cara mendeskripsikan data. Adapun
tehnik pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan kehadiran peneliti,
ketekunan pengamatan, triangulasi.
Hasil penelitian dari hasil pengamatan dan catatan lapangan yang dilakukan
peneliti di lokasi penelitian, dapat dikemukakan bahwa pertama, mata pelajaran
Aqidah Akhlak di SMP Islam Tanjung terlaksana dengan cukup baik, yang
dilaksanakan setiap hari selasa dan kamis, dengan didukung kegiatan lainnya,
sepeti: sholat dzuha, baksos bersama, sehingga siswa mudah mengambil pelajaran
langsung dari kehidupan sehari-hari. Guru Aqidah Akhlak sebelum mengajar
terlebih dahulu mempelajari apa yang akan diajarkan, agar mudah dalam
menyampaikan materinya dan siswa mudah memahaminya. Pelajaran Aqidah
Akhlak di SMP Islam Tanjung cukup efektif, guru saat menjelaskan tidak hanya
menjelaskan saja, melainkan mengaitkan contoh di kehidupan sehari-hari. Mata
pelajaran Aqidah Akhlak mampu memberikan perubahan baik kepada siswa SMP
Islam Tanjung. Metode yang digunakan menyampaikan materi rata-rata
menggunakan metode ceramah, terkadang diskusi, serta dilengkapi dengan sesi
tanya jawab. Kedua, Karakter siswa SMP Islam Tanjung cukup baik, hanya saja
ada beberapa hal yang masih perlu dibenahi. Mata pelajaran Aqidah Akhlak
memiliki peranan penting dalam membina karakter siswa, pelajaran Aqidah
Akhlak merupakan pelajaran yang efektif dalam membina karakter siswa SMP
Islam Tanjung, hal ini bisa dilihat dari perubahan perilaku siswa setelah menerima
pelajaran Aqidah Akhlak. Ketiga,Mata pelajaran Aqidah Akhlak mampu
memberikan perubahan prilaku yang baik pada siswa SMP Islam Tanjung, yang
awalnya siswa tidak bisa mempertimbangkan mana yang baik dan mana yang
buruk. Perubahan yang dialami siswa setelah mengetahui ilmu tentang akhlak,
diantaranya: siswa bisa menghargai pendapat temannya, siswa bisa menjaga sikap
saat pelajaran berlangsung, menjaga kedisiplinan, lebih menghormati guru-
gurunya, dan lain sebagainya. dilakukan umtuk mengetahui tingkat pemahaman
siswa.
Tidak tersedia versi lain