Text
UPAYA KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH DASAR ISLAM AD-DURRIYAH III BANGKES
Mabrurah, 2015, Upaya Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Guru
Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Islam Ad-durriyah III Bangkes,
Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Pamekasan, Jurusan Tarbiyah, Program
Studi Pendidikan Agama Islam, Pembimbing H. Achmad Muhlis, M.A
3Kata Kunci : Kepala Sekolah, Mutu Guru
Dalam dunia pendidikan, kepemimpinan kepala sekolah sangat
menentukan dalam memperlancar kegiatan belajar mengajar (KBM).
Peranannya bukan hanya menguasai teori-teori kepemimpinan, lebih dari itu
seorang kepala sekolah harus bisa mengimplementasikan kemampuannya dalam
aplikasi teori secara nyata. Untuk itu seorang kepala sekolah dituntut untuk
memiliki ilmu pendidikan secara menyeluruh
Dalam hal ini, pengembangan SDM merupakan proses peningkatan
kemampuan manusia agar mampu melaksanakan pilihan-pilihan. Pengertian ini
memusatkan perhatian pada pemerataan dalam peningkatan kemampuan
manusia dan pemanfaatan kemampaun itu, karena guru merupakan pelopor
keberhasilan pendidikan, meningkatakan mutu guru PAI adalah tanggungjawab
kepala sekolah dimana mereka ada dibawah kendalinya.
Berdasarkan hal tersebut, ada dua faktor yang menjadi kajian dalam
penelitian ini, pertama, Apa upaya kepala sekolah dalam meningkatkan mutu
guru PAI di sekolah Ad-Durriyah III Bangkes Kecamatan Kadur Pamekasan.
Kedua, apa saja hambatan kepala sekolah dalam meningkatkan mutu guru PAI
di sekolah Ad-Duriyyah III Bangkes Kecamatan Kadur Kabupaten Pamekasan.
Peneliti ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
deskriptif. Sumber data di peroleh melalui wawancara, observasi, dan
dokumentasi. Informasinya adalah kepala sekolah dan guru SDI Ad-Durriyah III
Bangkes Kadur Pamekasan. Sedangkan pengecekan keabsahan temuan melalui
perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, triangulasi dan uraian rinci.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru PAI di SDI Ad-Durriyah III
Bangkes mempunyai kualitas yang baik. Hal ini juga dilihat dari guru-guru yang
mengajar di SDI Ad-Durriyyah III dengan kesesuaian antara latar belakang
pendidikan dengan bidang studi yang diajarkannya, dan teknik pembinaan yang
dilakukan oleh pihak sekolah maupun guru PAI-nya sendiri. Diskusi antar guru,
observasi kelas, mengikutsertakan guru pada kegiatan pendidikan dan latihan,
workshop, seminar dan sebagainya, terlebih kepala sekolah melaksanakan
pertemuan rutin sebagai wadah program evaluasi kinerja guru yang dilakukan
setiap tiga bulan sekali dan terkadang dalam forum tersebut dilakukan diklat
teman sejawat yang mengikuti kegiatan diklat atau workshop diluar, sehingga
terjadi sharing pengetahuan demi tercapainya keberhasilan bersama, dengan
adanya upaya kepala sekolah dalam meningkatkan mutu guru, maka proses
belajar mengajarpun meningkat. Hal ini ditandai dengan keberanian para guru
dalam mengikuti dalam segala macam pelatihan-pelatihan. Namun di setiap
kegitan apapun itu tidak semuanya berjalan mulus, dimana masih ada guru yang
kurang menyadari dan kurang antusias terhadap program yang dilakukan , akan
tetapi itu tidak terlalu dirisaukan karena pada akhirnya akan berubah seiring
dengan semakin ketatnya persaingan di era golabalisasi dan modernisasi.
Tidak tersedia versi lain