Text
Upaya Sekolah dalam Membina Kecerdasan Intelektual Siswa Madrasah Aliyah Qurratul Uyun Trasak Larangan Pamekasan
ABSTRAK
Sofiatur Rizkiyah, 2017. “Upaya Sekolah dalam Membina Kecerdasan Intelektual
Siswa Madrasah Aliyah Qurratul Uyun Trasak Larangan Pamekasan”. Skripsi
Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Tarbiyah, STAIN Pamekasan,
Pembimbing: Dr. Edi Susanto, M.Fil. I.
Kata Kunci : Upaya Sekolah, Kecerdasan Intelektual Siswa
Melihat kasus yang terjadi dikalangan alumni Madrasah Aliyah Qurratul Uyun
yakni kesulitan setelah lulus untuk mencari pekerjaan yang seyogyanya dengan
berbekal ilmu dan keterampilan yang dimiliki mampu untuk
mengembangkannnya ternyata salah, mayoritas alumni menjadi kuli bangunan
dan penjaga toko. Kasus selanjutnya penulis melihat tidak adanya perkembangan
intelektual pada siswa Madrasah Aliyah Qurratul Uyun bahkan kabarnya awal
banyak sekali siswa bolos, malas belajar bahkan tidur dalam kelas saat KBM
berlangsung sehingga penulis berinisiatif untuk mengetahui masalah tersebut dan
juga memungkinkan perlu adanya pembinaan yang intensif sehingga dapat
mengubah lulusan Madrasah Aliyah Qurratul Uyun dimasa yang akan datang.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua pokok permasalahan yang menjadi
kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama, Bagaimana pola yang
dilakukan Sekolah dalam Membina Kecerdasan Intelektual Siswa Madrasah
Aliyah Qurratul Uyun Trasak Larangan Pamekasan?. Kedua, Apa saja faktor
pendukung dan faktor penghambat dalam Membina Kecerdasan Intelektual Siswa
Madrasah Aliyah Qurratul Uyun Trasak Larangan Pamekasan?.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis deskriptif.
Data yang diperoleh yaitu dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi.
Sumber datan primer adalah pihak madrasah (baik itu kepala madrasah atau guruguru)
serta keluarga (orang tua/wali siswa) sedangakan data sekunder yakni siswa
(dijadikan objek penelitian pula karena mereka merupakan orang yang dikenai
perlakuan dari pembinaan kecerdasan intelektual tersebut dari pihak sekolah dan
orang tua). Adapun teknik analisis data yang digunakan reduksi data, display data
(penyajian data) dan verifikasi (kesimpulan). Sedangkan teknik pengecekan
keabsahan datanya melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan peneliti dan
trianggulasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pola bimbingan yang dilakukan
Sekolah dalam Membina Kecerdasan Intelektual Siswa Madrasah Aliyah Qurratul
Uyun Trasak Larangan Pamekasan yaitu dengan cara: pertama, Program
pembinaan giat belajar dan bersaing melalui haflatul imtihan. Kedua, Pemberian
riward dan pannishment. Ketiga, Istiqamah dalam istighatsah dan shalat
berjamaah.
Sedangkan faktor pendukung dan faktor penghambat dalam membina
kecerdasan intelektual siswa Madrasah Aliyah Qurratul Uyun Trasak Larangan
Pamekasan ialah: pertama, faktor pendukung yaitu: a). Kesadaran orang tua akan
pentingnya pendidikan siswa. b). Adanya kerjasama pihak madrasah dengan orang
tua dalam membina kecerdasan intelektual siswa. Kedua, faktor penghambat
vi
yaitu: a). Kurangnya kesadaran siswa terhadap pentingnya prestasi. b). Dukungan
orang tua yang minim. c). Pengaruh buruk lingkungan bermain siswa.
Tidak tersedia versi lain