Text
“Penerapan Prinsip Kejujuran Nasabah Pada Pembiayaan Modal Usaha Dengan Sistem Produk Mudharabah Muqoyyadhah Di BMT Sidogiri Lenteng Sumenep”
ABSTRAK
Zainal Arifin 2016, “Penerapan Prinsip Kejujuran Nasabah Pada Pembiayaan Modal Usaha Dengan Sistem Produk Mudharabah Muqoyyadhah Di BMT Sidogiri Lenteng Sumenep” Skripsi, Program Studi Perbankan Syariah, Jurusan Ekonomi dan Bisnis Islam, Pembimbing: H. Mohammad Bashri Asyari, MA.
Kata Kunci:Penerapan, prinsip kejujuranMudharabah muqoyyadhah,.
Fenomena masyarakat yang berusaha mencapai kebutuhannya untuk mencapai kemakmuranya. Dalam mencapai kemakmuran tersebut dapat ditempuh melalui bisnis, karena bisnis merupakan bagian dari ekonomi yang mencapai kebutuhan dengan memperhatikan kepuasan dari pemakainya.Namun dalam perjalanannya, masyarakat muslim dalam menjalankan kegiatan usaha atau bekerja sering kali terkendala mengenai keuangan untuk membiayai usahanya. Sehingga untuk memenuhi kebutuhannya tersebut, tidak jarang sebagian masyarakat bekerja sama dengan lembaga keuangan untuk mendapatkan uang atau modal dalam mengelola usahanya. Karena salah satu tujuan lembaga keuangan adalah untuk meningkatkan perekonomian baik secara mikro maupun makro.
Berdasarkan hal tersebut, ada dua rumusan masalah dalam penelitian ini, yaitu: pertama, Bagaimana penerapan prinsip kejujuran nasabah pada pembiayaan modal usaha dengan sistem produk mudharabah muqayyadah di BMT Sidogiri Cabang Lenteng Sumenep; kedua, Apakah nasabah dalam mengelola usaha menerapkan prinsip kejujuran pada pembiayaan modal usaha dengan sistem produk Mudharabah Muqayyadah di BMT Sidogiri Cabang Lenteng Sumenep.
Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif, Deskriptif adalah pengumpulan data berupa kata-kata, gambar dan bukan angka-angka. Semua data yang dikumpulkan berkemungkinan menjadi kunci terhadap apa yang sudah diteliti, penelitian ini menggunakan metode kualitatif ,Metode kualitatif digunakan untuk mendapatkan data yang mendalam, suatu data yang mengandung makna. Makna adalah data yang sebenarnya, data yang pasti yang merupakan suatu nilai di balik data yang tampak. Oleh karena itu dalam penelitian data-data yang dibutuhkan berupa catatan hasil wawancara, observasi dan dokumentasi, data nasabah yang melakukan pembiayaan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, maka strategi marketing sangat mengedapankan prinsip-prinsip kejujuran BMT sidogiri menekankan, dengan sebuah kejujuran akan banyak yang tertarik untuk menabung maupun dalam pembiayaan modal usaha yang ada di BMT Sidogiri, dengan merospek nasabah dan memberikan didikan yang baik.kedua, nasabah yang tertarik melakukan pembiayaan modal usaha di BMT Sidogiri, mereka merasa nyaman tidak terbebani dikarenakan sistemnya syari’ah bukan konfensional, dan di BMT Sidogiri ada tabungan harian disetiap bulannya mengambil dari tabungan.
Tidak tersedia versi lain