Text
MANAJEMEN LINGKUNGAN BELAJAR YANG KONDUSIF DI MTS AL-AMIN BRANTA PESISIR
Sofiyana, 2016, Manajemen Lingkugan Belajar yang Kondusif di MTs Al-Amin
Branta Pesisir, Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Tarbiyah,
Pembimbing: Dr. Atiqullah, S.Ag. M.pd
Kata kunci: Manajemen, Lingkungan belajar.
Pada awalnya madrasah merupakan lembaga pendidikan yang berdiri sebagai
penengah antar lembaga pendidikan umun dan pesantren, seiring dengan
perkembangannya lembaga madrasah mulai di kenal, akan tetepi Akan tetapi banyak
anggapan bahwasanya madrasah merupakan lembaga pendidikan islam yang kurang
begitu diminati karena sistem pengelolaanya yang kurang baik dibandingkan dengan
sekolah umum.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua fokus penelitian dalam penulisan
skripsi ini, yaitu: pertama, Bagaimana perencanaan madrasah dalam menciptakan
lingkungan belajar yang kondusif di MTs Al-amin Branta Pesisir?. kedua, Bagaimana
keadaan lingkungan belajar di MTs Al-Amin dalam pelaksanaan pembelajaran yang
kondusif?.
Tujuan dari penelitian ini adalah pertama, untuk mengetahui perencanaan
madrasah dalam menciptakan lingkungan belajar yang kondusif di MTs Al-amin
Branta Pesisir. Kedua, untk mengetahui keadaan lingkungan belajar di MTs Al-Amin
dalam pelaksanaan pembelajaran yang kondusif.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Informannya adalah kepala
Madrasah, guru, dan siswa. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara,
dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data menggunakan reduksi data, display
data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan teknik pengecekan keabsahan data adalah
perpanjangan kehadiran peneliti, observasi yang diperdalam, triangulasi, dan uraian
rinci.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pertama, kegiatan perencanaan dalam
menciptakan lingkungan belajar yang kondusif di MTs Al-amin cukup efektif hal ini
dapat diketahui dari proses perencanaanya. Adapun proses perencanaanya meliputi.
hal yang direncanakan berkenaan dengan sarana prasarana dan yang di libatkan di
dalamnya yaitu para guru dan komite sekolah untuk waktu perencanaannya yaitu
sebelum tahun ajaran dimulai. Kedua, bentuk pelaksanaannya dapat diketahui dari
kegiatan pelaksanaannya. Seperti, adanya upaya yang di lakukan oleh Madarah
dengan mengadakan kegiatan menyapu tiap pagi dan menyiapkan perlengkapan
kelas. Kegiatan pelaksanaannya melibatkan guru dan siswa, kendala- kendala yang di
hadapi diantaranya masalah keadaan gedung, pendanaan, keadaan lingkungan dan
pandangan masarakat terhadap pendidikan. Adapun upaya yang dilakukan madrasah
Tidak tersedia versi lain