Text
RESPON GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA PEMBERLAKUAN KEMBALI KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN DI MADRASAH IBTIDAIYAH MAMBAUL ULUM I KAMONDUNG OMBEN SAMPANG
Mohammad Hermanto, 2016, Respon Guru Pendidikan Agama Islam pada
Pemberlakuan Kembali Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan di
Madrasah Ibtidaiyah Mambaul Ulum I Kamondung Omben Sampang,
Skripsi, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri, Jurusan Tarbiyah, Program
Studi Pendidikan Agama Islam, Pembimbing; Drs. H. Saiful Arif, M.Pd.
Kata Kunci: Respon, Guru Pendidikan Agama Islam, KTSP
Untuk mencapai tujuan pendidikan Nasional maka setiap lembaga
pendidikan mempunyai tujuan secara kelembagaan dengan berbagai mata
pelajaran yang diterapkan sesuai dengan tujuan masing-masing lembaga. Di
samping itu juga tentu membutuhkan kurikulum, berbicara kurikulum yang ada di
4Indonesia berubah-ubah seperti dimoratoriumkan kurikulum 13 yang kemudian
kembali lagi ke KTSP.
Ada tiga fokus yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, pertama,
bagaimana pandangan guru PAI pada pemberlakuan kembali KTSP di MI
Mambaul Ulum I Kamondung Omben Sampang?. Kedua, bagaimana sikap guru
PAI pada pemberlakuan kembali KTSP di MI Mambaul Ulum I Kamondung
Omben Sampang?. Ketiga, apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi respon guru
PAI pada pemberlakuan kembali KTSP di MI Mambaul Ulum I Kamondung
Omben Sampang?.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
deskriptif. Yang menjadi sumber data dalam penelitian ini adalah Kepala
Madrasah & guru PAI. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah
wawancara, observasi dan dokumentasi. Dan teknik analisis data menggunakan
teknik analisis data deskriptif melalui pengecekan keabsahan data meliputi
perpanjanagan keikutsertaan, ketekunan, analisis kasus negatife dan triangulasi.
Penelitian ini berlangsung dari tanggal 29 februari 2016 samapai 04 april 2016.
Hasil penelitian menunjukkan, pertama, pandangan guru PAI pada
pemberlakuan kembali KTSP di MI Mambaul Ulum 1 Kamondung Omben
Sampang cukup positif alasannya, 1) Pemberlakuan KTSP dipandang sebagai
solusi terhadap penerapan K13 yang kurang maksimal, 2) Penerapan KTSP yang
relevan dengan kondisi lembaga dalam mencapai tujuan pembelajaran. Kedua,
sikap guru PAI pada pemberlakuan kembali KTSP di MI Mambaul Ulum 1
Kamondung Omben Sampang, 1) Guru PAI menyambut baik serta melaksanakan
secara bersungguh-sungguh pemberlakuan KTSP, 2) Pemberlakuan KTSP
didukung komite sekolah, kepala madrasah dan guru khususnya guru PAI dengan
alasan demi kemajuan madrasah, 3) Guru PAI menilai KTSP bagus, serta
kesiapan guru PAI yang baik pada pemeberlakuan KTSP karena sudah
berpengalaman dan sarana pembelajaran seperti buku yang lengkap. Ketiga,
Faktor-faktor yang mempengaruhi respon guru PAI pada pemberlakuan kembali
KTSP di MI Mambaul Ulum 1 Kamondung Omben Sampang adalah 1) Tujuan
pembelajaran yang tidak optimal saat proses pembelajaran pada penerapan K13,
2) Pemahaman peserta didik yang mengalami kesulitan belajar saat penerapan
K13 dan pemberlakuan KTSP dapat mengoptimalkan tujuan pembelajaran.
Tidak tersedia versi lain