Text
PENGARUH PEMBELAJARAN AKTIF, INOVATIF KREATIF, EFEKTIF DAN MENYENANGKAN (PAIKEM) TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK KELASX DI MAN1 PAMEKASAN
Wardatul Hasanah, 2017. Pengaruh Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif,
dan Menyenangkan (PAIKEM) Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata
Pelajaran Aqidah Akhlak di MAN 1 Pamekasan, Skripsi, Program Studi
Pendidikan Agama islam, Jurusan Tarbiyah, STAIN Pamekasan, Pembimbing:
Dr. H. Mohammad Kosim, M. Ag.
Kata kunci: Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan
(PAIKEM), Minat Belajar
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh cara mengajar guru yang kurang
membuat suasana pembelajaran menjadi menyenangkan sehingga perhatian siswa
menjadi terpecah.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua permasalahan yang menjadi kajian
pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama, adakah pengaruh pembelajaran aktif,
inovatif, kreatif, efekif, dan menyenangkan (PAIKEM) terhadap minat belajar
siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak kelas X di MAN 1 Pamekasan;
kedua,besar pengaruh pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan
menyenangkan (PAIKEM) terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran
aqidah aqidah akhlak kelas X di MAN 1 Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian
korelasi, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik
dengan rumus yang digunakan adalah product moment dan intrumen penelitian
yang digunakan yaitu menggunakan angket, observasi, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, ada pengaruh
pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan (PAIKEM)
terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak kelas X di MAN
1 Pamekasan, hal ini dibuktikan dengan nilai hasil data statistik yang
menunjukkan bahwa “r” kerja (yakni 0.6) lebih besar dari “r” tabel product
moment dimana N=65 dalam interval kepercayaan 95% dengan nilai sebesar
0.244 serta dalam interval 99% dengan nilai sebesar 0.317, maka dapat dikatakan
bahwa terdapat pengaruh antara variabel X terhadap variabel Y. Dengan demikian
hipotesis kerja yang digunakan penulis yang menyatakan ada pengaruh
pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan(PAIKEM)
terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak kelas X di MAN
1 Pamekasan “diterima”. Kedua, besar pengaruh pembelajaran aktif, inovatif,
kreatif, efektif, dan menyenangkan (PAIKEM) terhadap minat belajar siswa pada
mata pelajaran aqidah akhlak kelas X di MAN 1 Pamekasan adalah kuat. Hal ini
dibuktikan dengan hasil analisis data statistik yang menunjukkan bahwa “r” kerja
yakni 0.6 berada pada interval koefisien 0.60 - 0.799.
Tidak tersedia versi lain