Text
Upaya Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Di Madrasah Tsanawiyah Fathul Ulum Poteran Talango Sumenep
ABSTRAK
Maltufah, 2017, Upaya Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Di
Madrasah Tsanawiyah Fathul Ulum Poteran Talango Sumenep, Skripsi
Pendidikan Agama Islam, Jurusan Tarbiyah, Pembimbing Dr. H. Moh. Muchlis
Solichin, M. Ag
Kata kunci: Mengatasi, Faktor, Kesulitan Belajar
Kesulitan belajar merupakan suatu masalah yang patut diperhatikan karna hal
ini menjadi kunci seberapa jauh hasil dari pembelajaran. guru sebagai indicator
yang paling utama harus berperan aktif dalam mengatasi kesulitan belajar siswa.
Supaya tujuan dari pembelajaran yang sudah ditentukan sebelumnya dapat
tercapai semaksimal mungkin.
Terdapat 2 fokus permasalahan dalam penelitian ini. Pertama, bagaimana
langkah-langkah guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa dan apa faktorfaktor
penyebab kesulitan belajar siswa di Madrasah Tsanawiyah Fathul Ulum
Poteran Talango Sumenep
Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif sebagai
pendekatan penelitian, sementara jenis penelitiannya adalah deskriptif. Sumber
data adalah Kepalas sekolah, Guru dan Siswa. Dalam mendapatkan data peneliti
menggunakan beberapa prosedur yakni observasi, wawancara dan dokumentasi.
Kemudian peneliti menganalisa data dengan mengumpulkan data, klasifikasi data,
verifikasi, analisis dan pemaparan data. untuk mendapatkan keabsahan data,
peneliti menggunakan trianggulasi data.
Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat beberapa upaya guru dalam
mengatasi kesulitan belajar, yaitu: Memberikan les di luar pelajaran atau
bimbingan belajar, Mempertajam serta mempertegas metode yang digunakan oleh
guru, Guru harus mengikuti berbagai pelatihan yang diadakan oleh kementrian
pendidikan ataupun lembaga lain, Mengevaluasi hasil kinerja guru. Hal ini
diterapkan oleh kepala sekolah, Guru melakukan observasi yang ditujukan
terhadap siswa, Siswa disuruh membaca dan memahami isi materi serta
menanyakan beberapa materi yang tidak dipahami, Memberikan bimbingan
motivasi dan arahan kepada siswa, Memberikan hasil ujian terhadap orang tua
siswa, Mengetahui sifat dan krakter setiap siswa, dan Memberikan tes intelegensi
kepada semua siswa. Sedangkan tercatat ada beberapa faktor yang mempengaruhi
kesulitan belajar siswa, faktor tersebut meliputi faktor intenal siswa yakni afektif,
dan faktor ekternal siswa yakni faktor lingkungan meliputi lingkungan keluarga,
lingkungan perkampungan/masyarakat dan lingkungan sekolah
Berdasarkan penelitian di atas, disarankan kepada kepala sekolah untuk terus
bersemangat mendidik dan membimbing para penerus bangsa (Siswa), agar
mereka dapat memahami dan mengerti semua mata pelajaran yang diajarkan di
dalam kelas, dan juga untuk orang tua haruse bersungguh-sungguh memonitring
buah hatinya dalam kehidupan sehari-hari sehingga ia akan semakin giat untuk
belajar.
Tidak tersedia versi lain