Text
THE INFLUENCE OF SCIENTIFIC APPROACH OF CURRICULUM 2013 ON STUDENTS’ ENGLISH ACHIEVEMENT AT 7 TH GRADE OF SMPN 5 PAMEKASAN
Hodaifatul laili, 2016, Pengaruh PEndekatan Saintifik Kurikulum 2013 Pada
Prestasi Bahasa Inggris Siswa Kelas Tujuh SMPN 5 Pamekasan, Skripsi,
Program Studi Tadris Bahasa Inggris (TBI), Sekolah Tinggi Agama Islam
Negeri (STAIN) Pamekasan. Pembimbing: Mulyadi, S.S.,M.Pd.
Kata Kunci: pendekatan saintifik, kurikulum 2013, prestasi bahasa inggris siswa
Dalam kurikulum 2013, ada suatu pendekatan yang dapat di terrapkan
dalam proses belajar mengajar di kelas, yaitu pendekatan sintifik. Pendekatan
ini terdiri dari lima komponen atau langkah-langkah, seperti mengamati,
menanya, mencoba, menghubungkan, dan mengkomunikasikan. Setiap
komponen di harapkan meningkatakan prestasi siswa. Terkait dengan hal ini,
tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan jawaban dari masalah
“apakah semakin sering guru SMPN 5 Pamekasan menerapkan pendekatan
saintifik semakin bagus prestasi bahasa inggris siswa?”.
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan penelitian kuantitatif.
Dalam mengumpulkan data, peneliti menggunakan ceklist, dokumentasi, dan
wawancara untuk mendapatkan data sekunder, alu analisis data menggunakan
korelasi product moment. Disamping itu, sampel dalam penelitian ini
sebanyak 33 responden dari kelas tujuh SMPN 5 Pamekasan diambil
menggunakan tekhnik acak.
Berdasarkan analisis data, dapat diketahui bahwa nilai statistik dari
“rx,y“ penelitian ini sebesar (0.118) dengan table interpretasi “r” product
moment (0.00 – 0.199). itu berrarti bahwa nilai “r” lebih kecil dari “r” table
dan table nilai koefisien korelasi “r” product moment pada level signifikan 5%
dengan N=33 sebesar 0.661 jadi, hipotesis alternative (Ha) ditolak dan
hipotesis nol (Ho) diterima karena nilai “r” product moment lebih kecil dari
pada “r” table jadi, ini dapat disimpulkan bahwa semakin sering guru SMPN 5
Pamekasan menerapkan pendekatan saintifik tidak lebih bagus prestasi bahasa
inggris siswa atau tidaka ada pengaruh pendekatan saintifik terhadap prestasi
bahasa inggris siswa kelas tujuh SMPN 5 Pamekasan.
Berdasarkan hasil penelitian diatas, guru bahasa inggris disarankan
seharusnya tidak hanya memberikan perhatian lebih terhadap bagaimana cara
menerapkan pendekatan tersebut besrdasarkan langkah-langkahnya tetapi juga
cara bagaimana memotivasi siswa dan melakukan evaluasi terhadap sikap
siswa dalam proses belajar mengajar untuk meningkatkan prestasi bahasa
inggris siswa. Disamping itu, penggunaan tekhnologi dan multimedia
seharusnya lebih berguna untuk semua kelas tidak hnay untuk kelas unggulan
saja, khususnya dalam pembelajaran bahasa inggris.
Tidak tersedia versi lain