Text
STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA PADA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMPN 3 SAMPANG
Iskandar, 2016, Strategi Pembelajaran Kooperatif dalam Meningkatkan Keaktifan
Siswa pada Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 3 Sampang, Program Studi
Pendidikan Agama Islam, Jurusan Tarbiyah, Dosen Pembimbing: Dr. H. Moh. Muchlis
Sholichin, M. Ag.
Kata kunci: Strategi Pembelajaran Kooperatif, Meningkatkan Keaktifan Siswa
Setiap guru mempunyai cara yang berbeda dalam melaksanakan kegiatan
pembelajaran. Biasanya cara tersebut telah direncanakan terlebih dahulu sebelum
pelaksanaan kegiatan dilaksanakan. Bila belum mencapai hasil yang optimal, mereka
berusaha mencari cara lain yang dapat mencapai tujuannya. Proses tersebut menunjukkan
bahwa guru selalu berusaha mencari cara terbaik untuk mendapatkan hasil yang diharapkan.
Setiap guru yang menerapkan cara tertentu dalam kegiatan pembelajaran, menunjukkan
bahwa guru tersebut telah melakukan strategi. Dan strategi tersebut dipakai sesuai dengan
kondisi waktu dan tempat saat dilaksanakannya kegiatan.
Model pembelajaran kooperatif adalah rangkaian kegiatan belajar yang dilakukan
oleh siswa dalam kelompok-kelompok tertentu untuk mencapai tujuan pembelajaran yang
telah dirumuskan. Pembelajaran kooperatif memiliki manfaat atau kelebihan yang sangat
besar dalam memberikan kesempatan kepada siswa untuk lebih mengembangkan
kemampuannya. Hal ini dikarenakan dalam kegiatan pembelajaran kooperatif, siswa dituntut
untuk aktif dalam belajar melalui kegiatan kerjasama dalam kelompok. dengan pembelajaran
kooperatif para siswa akan bekerjasama, saling membantu satu sama lain, mereka akan
bediskusi untuk menemukan jawaban yang tepat.
Seperti halnya yang diterapkan oleh para guru di SMPN 3 Sampang, strategi
pembelajaran yang diterapkan dalam proses mengajar menggunakan strategi/model
pembelajaran kooperatif. Dengan tujuan agar para siswa dapat bekerjasama sehingga semua
siswa dapat aktif dalam pengerjaannya.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, informan adalah guru
dan Siswa SMPN 3 Sampang. Sedangkan tehnik pengumpulan datanya yaitu dengan
wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama; terdapat dua metode pembelajaran
koopertif yang digunakan di SMPN 3 Sampang, yaitu Yang pertama yaitu model Cooperative
Script (Skrip kooperatif), Skrip Kooperatif adalah Metode belajar di mana siswa
berpasangan, dan secara lisan bergantian mengikhtisarkan bagian-bagian dari materi yang
dipelajari. Yang kedua Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC), yaitu
Model pembelajaran untuk melatih kemampuan siswa secara terpadu antara membaca dan
menemukan ide pokok suatu wacana/kliping tertentu dan memberikan tanggapan terhadap
wacana/kliping secara tertulis.
Kedua; Penggunaan strategi pembelajaran kooperatif sudah tergolong baik dan
mampu meningkatkan keaktifan siswa, yaitu dengan cara guru hanya sebagai fasilitator,
siswa disuruh untuk saling bekerja sama dalam mengerjakan tugas dari guru kemudian
mempresentasikan dan mendiskusikan hasilnya, dan juga dibuktikan dengan kesukaan siswa
dengan penerapan strategi pembelajaran kooperatif tersebut.
Tidak tersedia versi lain