Text
PERAN PENDIDIKAN LANGGAR DALAM MENANAMNKAN AKHLAK ANAK DI LANGGAR AL-KHANAFA’ DESA TLONTORAJA KECAMATAN PASEAN KABUPATEN PAMEKASAN
Taufikurrahman, 2016. Peran Pendidikan Langgar Dalam Menanamnkan Akhlak
Anak Di Langgar Al-Khanafa’ Desa Tlontoraja Kecamatan Pasean Kabupaten
Pamekasan, Skripsi, Jurusan Tarbiyah, Program Studi PAI, STAIN Pamekasan,
Pembimbing Dr. Nor Hasan M.Ag.
Kata Kunci: Peran pendidikan langgar dan akhlak anak di langgar Al-khanafa’
Pendidikan langgar memegang peranan penting dalam proses prilaku anak.
Langgar merupakan salah satu lembaga non formal yang bertanggung jawab atas
pendidikan selanjutnya, anak mengalami perubahan dalam kelakuan sosial setelah
ia mulai belajar, langgar harus mampu memberikan pendidikan moral seperti
sopan santun, patuh terhadap orang tua,bisa memberikancontoh yang baik
terhadap kegiatan di lingkungan dan masyarakat dan guru harus bisa memberikan
orientasi moral terhadap anak didinya, guru dalam hal ini harus mampu menjadi
contoh tingkah laku (uswatun hasanah) yang mencerminkan nilai-nilai moral dan
agama. Tanpa adanya tingkah laku yang baik dari guru sebagai objek, maka
pendidikan moral yang diberikan di sekolah tidak akan efektif.
Ada dua hal yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini. Pertama,
Bagaimana penanaman akhlak di langga Al-Khanafa’ Desa Tlontoraja Kecamatan
Pasean Kabupaten Pamekasan? Kedua, Apa saja faktor pendukung dan
penghambat penanaman akhlak di Langgar Al-Khanafa' Desa Tlontoraja
Kecamatan Pasean Kabupaten Pamekasan?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber datanya kepala
pengasuh, ustad, ustadzah, santri dan orang tua santri. Prosedur pengumpulan data
menggunakan wawancara tidak terstruktur, observasi partisipan dan dokumentasi.
Tidak tersedia versi lain