Text
PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR (SPPKB) DI MTs RAUDATUL ISLAMIYAH KARANG GAYAM OMBEN SAMPANG
Ainul Musyarrofah, 2017, Penerapan Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (SPPKB) di MTs Raudlatul Islamiyah Karang Gayam Omben Sampang, Skripsi, Program Pendidikan Agama Islam, Jurusan Tarbiyah, Pembimbing: Dr. H. Mohammad Kosim, M.Ag.
Kata Kunci : Penerapan, Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan
Berpikir (SPPKB)
Penerapan Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (SPPKB) merupakan model pembelajaran yang bertumpu pada siswa, siswa dituntut untuk menemukan sendiri dan mencari sendiri tentang materi yang akan disampaikan melalui kemampuan berpikirnya. Dalam penerapan ini fungsi seorang guru hanya sebagai pembimbing saja.
Masalah yang menjadi kajian utama dalam penelitian ini adalah ; 1) apa langkah-langkah atau tahapan yang dilakukan dalam penerapan Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (SPPKB) di MTs Raudlatul Islamiyah Karang gayam Omben Sampang?. 2) Apa implikasi dari penerapan Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir terhadap pembelajaran di MTs Raudlatul Islamiyah Karang Gayam Omben Sampang?. 3) Apa saja hambatan atau kendala yang dihadapi dalam penerapan Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (SPPKB) di MTs Raudlatul Islamiyah Karang Gayam Omben Sampang?. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui langkah-langkah atau tahapan yang dilakukan dalam penerapan Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (SPPKB) di MTs Raudlatul Islamiyah Karang Gayam Omben Sampang. 2) Untuk mengetahui implikasi dari penerapan Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (SPPKB) terhadap pembelajaran di MTs Raudlatul Islamiyah Karang Gayam Omben Sampang. 3) Untuk mengetahui hambatan atau kendala yang dihadapi dalam penerapan Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (SPPKB) di MTs Raudlatul Islamiyah Karang Gayam Omben Sampang.
Dalam penelitian ini lokasi yang di ambil adalah MTs Raudlatul Islamiyah Karang Gayam Omben Sampang. Pendekatan Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber datanya adalah kepala sekolah, guru, dan siswa. Analisis data menggunakan pengecekan, pengorganisasian, dan pengkodean. Dan untuk memperkuat hasil penelitian ini dilakukan ketekunan pengamatan, triangulasi, dan uraian rinci.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pertama, langkah-langkah atau tahapan dalam penerapan SPPKB ini yaitu ada enam langkah: 1) Tahapan orientasi, 2) Tahapan pelacakan, 3) Tahapan penyajian persoalan, 4) Tahapan inkuiri, 5) Tahapan akomodasi, 6) Tahapan penyajian masalah baru. Kedua, implikasi dari penerapan SPPKB dapat menjadikan siswa lebih berani dan dapat memberikan pengetahuan yang lebih dari kemampuan berpikirnya. Ketiga, hambatan yang dihadapi yaitu: 1) karena faktor dari siswa itu sendiri yang lemah daya berpikirnya, 2) kurangnya bakat dan minat siswa dalam pelajaran.
Tidak tersedia versi lain