Text
PELAKSANAAN KOMPTENSI PEDAGOGIK GURU DALAM MEWUJUDKAN MUTU PEMBELAJARAN DI SDIT AL-FAIZIN SAMPANG
Aidatul Faizah, 2017. Pelaksanaan Kompetensi Pedagogik Guru Dalam
Mewujudkan Mutu Pembelajaran di SDIT Al-Faizin Sampang, Skripsi, Program
Studi PAI, Jurusan Tarbiyah, STAIN Pamekasan, Pembimbing: Dr. H.
Taufiqurrahman, M. Pd.
Kata kunci: Kompetensi Pedagogik, Mutu Pembelajaran
Faktanya di lokasi penelitian Pendidikan guru di SDIT Al-Faizin Sampang
99% S1 dengan perincian 6 guru PNS, 6 guru non-PNS akan tetapi meskipun non-
PNS guru tersebut menjadi guru tetap di SDIT Al-Faizin Sampang. Berdasarkan
latar belakang pendidikan guru di sana, tentunya guru sudah memiliki kompetensi
pedagogik seperti kemampuan mengelola pembelajaran, perencanaan
pembelajaran, evaluasi pembelajaran, dan mengembangkan potensi yang dimiliki
oleh peserta didik. Namun faktanya belum mencapai hasil yang kurang maksimal,
karena kemampuan dan prestasi siswa masih belum sesuai harapan, hal tersebut
mungkin saja dipengaruhi oleh beberapa hal salah satunya adalah kompetensi
pedagogik guru di SDIT AL-Faizin Sampang hanya bagi guru kelas tidak secara
keseluruhan, sehingga tidak ada sinergi antara kemampuan guru kelas dengan
guru mapel atau ada hal lain sehingga mutu pembelajaran dan prestasi akademik
maupun non akademik masih belum sesuai harapan.
Berdasarkan deskripsi tersebut, peneliti tertarik untuk mengadakan
penelitian ilmiah dengan mengangkat judul “Pelaksanaan Kompetensi Pedagogik
Guru Dalam Mewujudkan Mutu Pembelajaran di SDIT Al-Faizin Sampang.”
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis eksploratif.
Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi.
Informannya adalah kepala sekolah, guru dan beberapa orang siswa SDIT Al-
Faizin Sampang. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui
perpanjangan keikutsertaan, uraian rinci, analisis kasus negatif, triangulasi, audit
dependabilitas dan audit konfirmabilitas.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pertama mutu pembelajaran di SDIT
Al Faizin Sampang yaitu sebagai berikut yaitu a) Siswa mampu meningkatkan
pengetahuannya terhadap materi yang sudah dan yang akan di sampaikan guru, b)
Siswa mampu menganalisis bahan materi yang sudah dijelaskan, c) Siswa
berprestasi pada bidang akademik dan non akademik akan tetapi hanya di tingkat
kecamatan, namun belum berbicara banyak di tigkat kabupaten, d) Siswa
memiliki minat dan motivasi untuk belajar. Kedua Pelaksanaan kompetensi
pedagogik guru dalam mewujudkan mutu pembelajaran di SDIT Al Faizin
Sampang yaitu a) Guru memahami tugas dan fungsinya sebagai tenaga pendidik,
b) Guru memberikan tanda khusus kepada siswa yang aktif pada buku absen dan
memiliki buku pelanggaran siswa. c) Penggunaan RPP dan Silabus sebagai
rancangan dalam mengelola kegiatan pembelajaran, d) Guru menggunakan
metode dan media yag variatif, e) Guru membimbing siswa tidak hanya pada
aspek kognitif akan tetapi juga pada aspek spiritual atau akhlak, f) Guru kreatif
dalam mengelola kegiatan pembelajaran. g) Guru kreatif dalam mengelola
kegiatan pembelajaran. h) Guru melakukan refleksi setelah melaksanakan
evaluasi.
Tidak tersedia versi lain