Text
Upaya Guru Dalam Mengatasi Kenakalan Siswa Madrasah Aliyah Az-Zubair Larangan Tokol Tlanakan Pamekasan
ABSTRAK
Zainuddin A 2017, Upaya Guru Dalam Mengatasi Kenakalan Siswa Madrasah
Aliyah Az-Zubair Larangan Tokol Tlanakan Pamekasan, Jurusan Tarbiyah,
Program Studi Pendidikan Agama Islam, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri
(STAIN) Pamekasan, Pembimbing Dr.H. Moh Muchlis Solichin, M.Ag
Kata Kunci: Upaya Guru DalamMengatasi Kenakalan Siswa
Ada tiga permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini,1)
Apa saja bentuk-bentuk kenakalan siswa Madrasah Aliyah Az-Zubair Larangan
Tokol Tlanakan Pamekasan,2) Bagaimana Upaya guru dalam mengatasi
kenakalan siswa Madrasah Aliyah Az-Zubair Larangan Tokol Tlanakan
Pamekasan,3) Apa saja Faktor-faktor penyebab kenakalan dan bagaimana solusi
dalam mengatasi kenakalan siswa Madrasah Aliyah Az-Zubair Larangan Tokol
Tlanakan Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, sumber data adalah
Guru, kepala sekolah, dan siswa. prosedur pengumpulan data menggunakan
wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik pengecekan keabsahan data
adalah perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, trianggulasi. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa:
Pertama Apa saja bentuk-bentuk kenakalan siswa Madrasah Aliyah Az-
Zubair Larangan Tokol Tlanakan Pamekasan sebagaimana berikut: 1) Kenakalan
ringan seperti: datang terlambat kesekolah, bolos sekolah, tidak ikut upacara, tidur
pada kegiatan belajar mengajar berlansung, tidak memakai atribut sekolah. 2)
Kenakalan sedang seperti: bertengkar, merokok dan mencuri.
Kedua upaya guru dalam mengatasi kenakalan siswa Madrasah Aliyah Az-
Zubair Larangan Tokol Tlanakan Pamekasan adalah guru memberi bimbingan dan
mengarahkan siswa ke arah yang baik dan benar, guru memberi sanksi yang
bersifat mendidik seperti guru menyuruh berdiri sambil membaca surat Yasin,
Jika siswa yang melanggar lebih dari tiga kali maka guru bekerjasama dengan
wali siswa, di sekolah ini bukan hanya guru yang menjaga pertumbuhan dan
perkembangan anak tapi guru juga bekerjasama dengan wali siswa demi kebaikan
masa depan siswa.
Ketiga fakor-faktor penyebab dan solusi dalam mengatasi kenakalan siswa
Madrasah Aliyah Az-Zubair Larangan Tokol Tlanakan Pamekasan, Faktor-faktor
yang menyebabkan terjadinya kenakalan siswa diantaranya adalah kalau siswa
yang dari luar karena kesiangan bahkan ada juga yang bermasalah dengan
kendaraannya seperti ban sepedanya kempes ketika ada di tengah perjalanan,
kalau yang dari dalam atau santri masih mementingkan yang berkenaan dengan
kepesantrenan, dalam artian masih belum terselesainya kegiatan-kegiatan di
pondok. Sedangkan solusi dalam mengatasi kenakalan siswa Madrasah Aliyah
Az-Zubair Larangan Tokol Tlanakan Pamekasan mengaktifkan Osis sekaligus
para guru, sekaligus meningkatkan sanksi yang bersifat mendidik.
Tidak tersedia versi lain