Text
HUBUNGAN ANTARA PENILAIAN SIKAP SISWA OLEH GURU DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI 5 PAMEKASAN
Taufiqurrahman, 2017, Hubungan Antara Penilaian Sikap Siswa Oleh Guru
Dengan Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam
di SMA Negeri 5 Pamekasan, Skripsi Jurusan Tarbiyah, Program Studi
Pendidikan Agama Islam, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri
Pamekasan, Pembimbing: Dr. Abd. Mukhid, M.Pd
Kata Kunci, Penilaian Sikap Siswa Oleh Guru, Prestasi Belajar Siswa, Pendidikan
Agama Islam.
Pendidikan adalah investasi sumber daya manusia jangka panjang yang
mempunyai nilai strategi bagi kelangsungan peradaban manusia di dunia. Di
dalam sebuah lembaga pendidikan sudah tentu pasti ada namanya penilaian
karena penilaian itu sangat diperlukan untuk mengetahui perkembangan belajar
mengajar di sekolah tersebut, itulah kenapa penilaian ini penting dalam sebuah
pembelajaran. Penilaian sikap siswa oleh guru mempunyai kaitan dengan prestasi
belajar siswa. Dengan demikian, ranah sikap siswa dalam mata pelajaran
Pendidikan Agama Islam penting untuk ditingkatkan agar mempunyai dampak
positif terhadap penilaian sikap siswa. Karena, prestasi belajar pada prinsipnya
merupakan pengungkapan hasil belajar ideal meliputi segenap ranah psikologis
(ranah cipta/kognitif, ranah sikap/afektif, dan ranah karsa/spikomotor) yang
berubah sebagai akibat pengalaman dan proses belajar siswa.
Ada dua permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini,
yaitu (1) Adakah hubungan antara penilaian sikap siswa oleh guru dengan prestasi
belajar siswa mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 5
Pamekasan?, (2) Seberapa besar hubungan antara penilaian sikap siswa oleh guru
dengan prestasi belajar siswa mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA
Negeri 5 Pamekasan?
Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif
korelasional, dan mengambil sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X
dan XI yang berjumlah 84 siswa. Prosedur pengumpulan data yang digunakan
dalam penelitian ini adalah angket, dan dokumentasi, di mulai sejak bulan Maret
sampai April. Segdangkan analisis data menggunakan analisis data statistik
dengan teknik korelasi product moment sebab penelitian ini ingin mencari
hubungan dua variabel.
Hasil penelitian ini menunjukkan, bahwa: (1) Ada hubungan antara
penilaian sikap siswa oleh guru dengan prestasi belajar siswa mata pelajaran
Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 5 Pamekasan. (2) Hubungan antara
penilaian sikap siswa dengan prestasi belajar siswa mata pelajaran Pendidikan
Agama Islam di SMA Negeri 5 Pamekasan.
Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa hasil “r” kerja (0,731)
lebih tinggi dari “r” product moment, baik pada taraf kepercayaan 95% yaitu
0,220 maupun pada taraf kepercayaan 99% yaitu 0,286. Setelah dikonsultasikan
hasil “r” hitung dengan tabel interpetasi ini, maka diketahui bahwa hasil “r” kerja
(0,731) bergerak antara 0,600 sampai dengan 0,800. Dengan demikian, hubungan
antara penilaian sikap siswa oleh guru dengan prestasi belajar siswa mata
pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 5 Pamekasan adalah berada
pada kadar cukup.
Tidak tersedia versi lain