Text
Kinerja Guru di Sekolah Menengah Pertama Darul Iman Jambringin Proppo Pamekasan
ABSTRAK
Syaiful 2017, Kinerja Guru di Sekolah Menengah Pertama Darul Iman
Jambringin Proppo Pamekasan, Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam,
Jurusan Tarbiyah, Pembimbing: Dr. H. Taufiqurrahman, M.Pd
Kata kunci: Kinerja Guru.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya siswa yang yang kurang baik
dalam pelajaran dan malas untuk sekolah dan guru yang dilihat meremehkan
kinerjanya sebagai pendidik sehingga berdampak terhadap anak didik dalam
pembelajaran.
Berdasarkan hal diatas, maka ada juga permasalahan yang menjadi kajian
pokok dalam penelitian ini yaitu: pertama Kinerja Guru di Sekolah Menengah
Pertama Darul Iman Jambringin Proppo Pamekasan, kedua Upaya Guru Untuk
Meningkatkan Prestasi Siswa di Sekolah Menengah Pertama Darul Iman
Jambringin Proppo Pamekasan, Ketiga Faktor yang mempengaruhi Kinerja Guru
Dalam Peningkatan Prestasi Belajar Siswa di Sekolah Menengah Pertama Darul
Iman Jambringin Proppo Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitian adalah
deskriptif prosedur pengumpulan data diperleh melalui wawancara, observasi, dan
dokumentasi. Sedangkan yang menjadi sumber data adalah kepala sekolah, guru,
serta siswa SMP Darul Iman Jambringin Proppo Pamekasan. Sedangkan
pengecekan keabsahan dilakukan melalui perpanjangan kehadiran peneliti.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama kinerja guru di sekolah
menengah pertama darul iman jambringin proppo pamekasan walaupun sudah
sesuai dengan tugas kinerja guru semua sudah berjalan meskipun tidak 100%.
Kedua Upaya Guru Untuk Meningkatkan Prestasi Siswa di Sekolah Menengah
Pertama Darul Iman Jambringin Proppo Pamekasan seperti yang telah peneliti
jalani bahwa banyak cara yang dilakukan oleh guru seperti memberikan tugas dan
membentuk kelompok dalam pelajaran. Ketiga Faktor yang mempengaruhi
kinerja guru dalam peningkatan prestasi belajar siswa di sekolah menengah
pertama darul iman jambringin proppo pamekasan bahwa banyak kendala yang
dihadapi oleh guru dalam meningktakan kinerja guru dan siswa seperti sarana dan
media yang kurang lengkap. Disarankan bagi pihak sekolah seperti Ketua
Yayasan dan Kepala Sekolah untuk memperhatikan kebutuhan guru dan anak
didik saat pelajaran berlangsung sehingga kegiatan belajar mengajar berjalan
dengan yang diinginkan oleh guru.
Tidak tersedia versi lain