Text
Pengaruh Alat Komunikasi Handphone terhadap Minat Belajar Siswa Di Smk Al-Fudhola’ Barurambat Timur Pamekasan
ABSTRAK
Yatimah, 2017, Pengaruh Alat Komunikasi Handphone terhadap Minat Belajar Siswa Di Smk Al-Fudhola’ Barurambat Timur Pamekasan, Skripsi, Jurusan Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Pembimbing: Moh. Hafid Effendy, M.Pd.
Kata Kunci: Alat komunikasi handphone, minat belajar
Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya penyalahgunaan penggunaan handphone terutama bagi kalangan pelajar saat ini.
Maka dari itu ada dua permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, pertama; Ada Tidaknya Pengaruh Alat Komunikasi Handphone terhadap Minat Belajar Siswa Di SMK Al-Fudhola’ Barurambat Timur Pamekasan, kedua; Seberapa Besar Pengaruh Alat Komunikasi Handphone terhadap Minat Belajar Siswa Di SMK Al-Fudhola’ Barurambat Timur Pamekasan.
Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan analisis statistik, yaitu mencari hubungan antara variabel X dan variabel Y. yang termasuk variabel X adalah alat komunikasi handphone sedangkan variabel Y adalah minat belajar siswa. Dan populasi yang diteliti adalah seluruh siswa SMK Al-Fudhola’ Barurambat Timur Pamekasan, yang berjumlah 85 siswa. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik dengan teknik product moment.
Dari hasil data yang menggunakan metode statistik dengan rumus product moment diperoleh angka sebesar 0.878. setelah dibandingkan dengan “r” tabel harga kritik product moment di mana pada N=85 dalam interval kepercayaan 95% diperoleh nilai sebesar 0.213 dan dalam interval kepercayaan 99% diperoleh nilai sebesar 0.278. dengan demikian maka hipotesis kerja yang diajukan penulis yang berbunyi: ada Pengaruh Alat Komunikasi Handphone terhadap Minat Belajar Siswa Di SMK Al-Fudhola’ Barurambat Timur Pamekasan, diterima. Kemudian untuk mengetahui seberapa besar Pengaruh Alat Komunikasi Handphone Terhadap Minat Belajar Siswa Di SMK Al-Fudhola’ Barurambat Timur Pamekasan, diketahui dengan membandingkan “r” kerja yang diperoleh dalam perhitungan yakni 0.878 dengan “r” tabel harga kritik product moment. Diketahui “r” tabel harga kritik pada N=85 dalam interval kepercayaan 95% diperoleh nilai sebesar 0.213 dan dalam interval kepercayaan 99% diperoleh nilai sebesar 0.278. dan apabila dibandingkan dengan nilai tabel product moment baik dalam interval kepercayaan 95% maupun 99%, maka nilai “r” kerja tersebut lebih besar pada nilai “r” tabel product moment, berarti nilai “r” kerja signifikan. Maka nilai “r” kerja yang diperoleh nilai sebesar 0.878 terlebih dahulu juga dapat dikonsultasikan dengan tabel interval nilai “r” product moment yaitu nilai “r” kerja 0.878 berada diantara angka 0.70 – 0.90 dengan interpretasi Tinggi
Tidak tersedia versi lain