Text
Upaya Madrasah Dalam Menumbuhkan Kecerdasan Spiritual Siswa Madrasah Aliyah Miftahul Ulum Desa Plakpak Pegantenan Pamekasan
ABSTRAK
Zainul Hasan, 2017, Upaya Madrasah Dalam Menumbuhkan Kecerdasan Spiritual Siswa
Madrasah Aliyah Miftahul Ulum Desa Plakpak Pegantenan
Pamekasan, Jurusan Tarbiyah, Pembimbing: Dr. Siswanto, M.Pd.I
Katakunci: UpayaMadrasah ,Kecerdasan Spiritual.
Kecerdasan merupakan suatu kemampuan untuk menyelesaikan masalah yang terjadi
dalam kehidupan manusia dan alat untuk belajar, untuk menyelesaikan masalah, dan
menciptakan semua hal yang dapat dimamfaatkan manusia. Kecerdasan berkembang di luar
individu dan meningkat melalui interaksi dengan orang lain. Madrasah sebagai wadah
pertama dalam implementasinya menumbuhkan kecerdasan spiritual siswa agar dapat
melakukan program-program yang ada yang meliputi program pembinaan kecerdasan spritual
siswa dalam membutuhkan kerja sama yang baik antara kepala sekolah dan para guru
terutama guru pendidikan agama islam. Dengan kerja sama inilah maka terjalin komonikasi
yang baik antara guru dan Kepala Madrasah, sehingga relasinya terhadap siswa akan
berdampak positif terhadap perkembangan kecerdasan spiritual siswa.
Ada tiga permasalahan yang menjadi pokok kajian dalam penelitian ini, pertama kondisi riil
Kecerdasan Spritual Siswa Madrasah Aliyah Miftahul Ulum Kebun Sari Desa Plakpak
Pegantenan Pamekasan, kedua, kegiatan-kegiatan madrasah dalam mennumbuhkan
Kecerdasan Spritual Siswa Madrasah Aliyah Miftahul Ulum Kebun Sari Desa Plakpak
Pegantenan Pamekasan, ketiga, faktor pendukung dan penghabat pembinaan Kecerdasan
Spritual Siswa Madrasah Aliyah Miftahul Ulum Kebun Sari Desa Plakpak Pegantenan
Pamekasan.
Penelitianinimenggunakanpendekatankualitatifdenganjenisfenomenologi. Sumber
data diperolehmelaluiwawancara, observasi, dandokumentasi. Informannyaadalah guru,
siswadankepalasekolah. Sedangkanpengecekankeabsahan data dilakukanmelalui
perpanjangan keikutsertaan, ketekunan peneliti, triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, Kondisi riil Kecerdasan Spritual Siswa
Madrasah Aliyah Miftahul Ulum Kebun Sari Desa Plakpak Pegantenan Pamekasan
bermacam-macam yaitu, siswa menghormati teman sejawat, bersalaman kepada guru,
mematuhi aturan sekolah, disiplin, bertanggung jawab terhadap tugasnya, suka menolong,
siswa sopan kepada guru, cara menyapa guru dengan baik. Kedua, Program madrasah dalam
menumbuhkan kecerdasan spritual siswa Madrasah Aliyah Miftahul Ulum Kebun sari
Plakpak Pegantenan Pamekasan ialah sholat dhuha bersama di masjid, yang di damping oleh
guru pada jam 06.45 wib, setelah itu mebaca yasin bersama, pada jam masuk siswa
diwajibkan membaca doa bersama di kelas masing-masing dan pada jam pulang sekolah
siswasholat dhuhur berjemaah di masjid. Ketiga, Faktor pendukung dan penghambat
kecerdasan spiritual siswa Madrasah Aliyah Miftahul Ulum Kebun Sari Plakpak Pegantenan
pamekasan adalah sarana masjid yang memadai, mukenah, sajadah, Al-Qur’an, tempat
wudhu’ dan kesaran guru. sarana prasarana yang ada, keaktifan para guru dan siswa.
Sedangkan faktor penghambatnya diantaranya, keterbatasan waktu siswa, lokasi guru yang
jauh, jarak tempuh siswa dari rumah kesekolah
Tidak tersedia versi lain