Text
Penerapan Manajemen Kelas Dengan Pendekatan Perubahan Tingkah Laku Dalam Meningkatkan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Yang Kondusif Di SMAN 1 Pademawu
Moh. Mansur Rizal, 2016, Penerapan Manajemen Kelas Dengan Pendekatan
Perubahan Tingkah Laku Dalam Meningkatkan Pembelajaran
Pendidikan Agama Islam Yang Kondusif Di SMAN 1 Pademawu, Skripsi,
Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Tarbiyah, Sekolah
Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pamekasan, Pembimbing: Dr. H.
Mohammad Kosim, M.Ag.
Kata Kunci: Manajemen Kelas, Perubahan Tingkah Laku, Pembelajaran PAI
5Manajemen kelas ini sangat diperlukan karena sifat kelas yang dinamis
dalam bentuk perilaku, perbuatan, bahkan sikap mental dan emosional anak didik
yang selalu berubah dari hari ke hari, bahkan dari waktu kewaktu. Sebab
manajemen kelas merupakan serangkaian perilaku guru dalam upanya
meenciptakan dan mempertahankan kondisi kelas yang memungkinkan proses
belajar mengajar dengan baik. Berdasarkan hasil obserfasi awal yang peneliti
lakukan di SMAN 1 Pademawu pada proses pembelajran PAI menunjukkan
bahwa guru mampu mengubah tingkah laku siswa dalam kelas jika siswa
melakukan tindakan-tindakan yang kurang baik sehingga mengganggu jalannya
proses pembelajaran.
Fokus Penelitian Ini, ada tiga : Pertama, Bagaimana langkah-langkah guru
dalam menerapkan manajemen kelas dengan pendekatan perubahan tingkah laku
dalam meningkatkan pembelajaran PAI yang kundusif di SMAN 1 Pademawu?.
Kedua, Apa saja hambatan yang dihadapi dalam penerapan manajemen kelas
dengan pendekatan perubahan tingkah laku dalam meningkatkan pembelajaran
PAI yang kondusif di SMAN 1 Pademawu?. Ketiga, bagaimana upaya mengatasi
masalah yang dihadapi dalam penerapan manajemen kelas dengan pendekatan
perubahan tingkah laku dalam meningkatkan pembelajaran PAI yang kondusif di
SMAN 1 Pademawu?.
Penelitian ini menggunakan kualitatif dengan jenis fenomenologis.
Prosedur pengumpulan data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan
dokumentasi. Sumber data adalah Kepala Sekolah, Guru PAI, Siswa. Analisis data
melalui pengecekan keabsahan data meliputi perpanjangan keikutsertaan,
ketekunan, pengamatan, triangulasi dan uraian rincian. Penelitian ini berlangsung
dari tanggal 01 Februari 2016 sampai dengan 23 Maret 2016.
Hasil penelitian menunjukkan dalam 1. Penerapan manajemen kelas
dengan pendekatan perubahan tingkah laku dalam meningkatkan pembeajaran
PAI yang kondusif di SMAN 1 Pademawu maka perlu langkah-langkah yang
harus dilakukan seperti pemberian penguatan berupa riwed pada siswa yang
berprilaku baik dan hukuman bagi siswa yang melanggar. 2. Sedangkan hambatan
yang dihadapi ialah: (a) Faktor guru karena lemahnya variasi mengajar. (b) Faktor
siswa yang mengganggu pembelajaran. (c) Faktor kebiasaan buruk dari
lingkungan keluarga. 3. Dalam mengatasi hambatan pada penerapan manajemen
kelas yaitu dengan menggunakan media dan metode yang berbeda dengan tujuan
agar siswa dapat lebih fokus mengikuti pelajaran di kelas.
Tidak tersedia versi lain