Text
PERAN GURU MATA PELAJARAN FIQIH SEBAGAI FASILITATOR DI MADRASAH TSANAWIYAH AZ-ZUBAIR TLANAKAN PAMEKASAN
Hosnol Muasaroh 2016, Peran guru Mata Pelajaran fiqih sebagai Fasilitaor di
Madrasah Tasnawiyah Az-Zubair Tlanakan Pamekasan. Skripsi, SekolahTinggi
Agama Islam Negeri Pamekasan, Jurusan Tarbiyah, Program Studi Pendidikan
Agama Islam, Pembimbing Dr. Abd. Mukhid, M.Pd
Kata Kunci: Guru, Fasilitator, Mata PelajaranFiqih
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru Mata Pelajaran
fiqih sebagai fasilitator di Madrasah Tsanawiyah Az-Zubair Tlanakan Pamekasan.
Ada tiga focus penelitian pertama, bagaimana guru Mata Pelajaran fiqih dalam
memerankan diri sebagai fasilitator di Madrasah TsnawiyahAz-Zubair Tlanakan
Pamekasan, kedua, hambatan apas aja yang dialami guru Mata Pelajaran fiqih
sebagai fasilitator di Madrasah Tsanawiyah Az-Zubair Tlanakan Pamekasan,
ketiga, upaya apa saja yang di lakukan guru Mata Pelajaran fiqih dalam mengatasi
hambatan sebagai fasilitator di Madrasah Tsanawiyah Az-Zubair Tlanakan
Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif.
Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Informannya adalah Kepala Madrasah, Guru Mata Pelajaran fiqih, siswi kelas VII
dan VIII Putri. Sedangakan pengecekan keabsahan data dilakukan melalaui
perpanjanagan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan pertama, peran guru Mata Pelajaran fiqih
dalam memerankan diri sebagai fasilitator di Madrasah TsanawiyahAz-Zubair
sudah memfasilitasi siswi dalam proses pembelajaran, karena siswi merasa mudah
memahami penjelasan yang diberikan guru fiqih dengan komponen yang terdiri
dari persiapan dan upaya guru sebagai fasilitator dalam mengoptimal
kanperannya. Kedua, hambatan yang dialami guru Mata Pelajaran fiqih sebagai
fasilitatordi Madrasah Tsanawiyah Az-Zubair yaitu terkadang siswi tidak
mendengarkan penjelasan yang disampaikan guru sehingga siswi tidak serius dan
juga hambatan yang dialami guru fiqih kurangnya media pembelajaran. Ketiga
Upaya yang dilakukan guru Mata Pelajaran fiqih dalam mengatasi hambatan
sebagai fasilitator di Madrasah Tsanawiyah Az-Zubair yaitu siswi belajar diluar
dengan tujuan agar supaya mereka tidak jenuh dalam kegiatan proses belajar
mengajar.
Tidak tersedia versi lain