Text
Pengaruh Kebudayaan Sekolah pada Ketercapaian Visi SMP plus Nurul Hikmah Pamekasan
Abdul Kholisin, 2016, Pengaruh Kebudayaan Sekolah pada Ketercapaian Visi
SMP plus Nurul Hikmah, Skripsi, Program Studi PAI, Jurusan Tarbiyah,
Pembimbing: Dr. H. Saiful Hadi, M.Pd.
Kata Kunci
: Kebudayaan Sekolah, Visi Sekolah
Setiap sekolah pasti memiliki visi sebagai arah dan target mengenai
apa yang akan sekolah wujudkan di masa depan. Suatu sekolah akan
dianggap sebagai sekolah yang memiliki komitmen terhadap pendidikan jika bisa
menciptakan lingkungan sekolah yang mengacu pada tercapainya visi tersebut.
Terciptanya aturan, tata tertib, penanaman nilai melalui aktifitas tertentu,
kurikulum, sarana prasarana dan lain-lain adalah salah satu upaya suatu sekolah
untuk menggapai visinya. Yang mana semua hal-hal tersebut nantinya membentuk
apa yang disebut dengan kebudayaan sekolah.
Tujuan penelitian ini ada dua macam, pertama ingin mengetahui ada
tidaknya pengaruh kebudayaan sekolah pada ketercapaian visi SMP plus Nurul
Hikmah Pamekasan dan kedua adalah ingin mengetahui besarnya pengaruh
kebudayaan sekolah pada ketercapaian visi SMP plus Nurul Hikmah Pamekasan
Pamekasan.
Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII, VIII, IX dan guru
SMP plus Nurul Hikmah Pamekasan yang berjumlah 267 orang siswa.dari jumlah
tersebut, dengan prosentase sebesar 20%, maka diperoleh sampel sebnyak 56
orang. Instrumen utama yang digunakan adalah angket dan dokumentasi dengan
menggunakan teknik analisis data rumus korelasi product moment.
Dari hasil analisa data dapat disimpulkan bahwa kebudayaan sekolah
memiliki pengaruh negatif terhadap ketercapaian visi SMP plus Nurul Hikmah
Pamekasan sebesar 0,128 yang berada pada interval 0,00 sampai dengan 0,199
yang berarti termasuk pada katagori sangat rendah. Yang mana dengan hasil
tersebut, jika dikonsultasikan dengan tabel r product moment, menghasilkan
interpretasi ditolaknya hipotesis kerja.
Tertolaknya hipotesis kerja disebabkan oleh beberapa hal yaitu: Pertama,
variabel yang berpengaruh terhadap ketercapaian suatu visi bukan hanya
kebudayaan sekolah, melainkan masih ada variabel-variabel lain yang
mempengaruhinya seperti profesionalitas Kepala Sekolah dan efektifitas dari
sosialisasi visi itu sendiri. Kedua, tidak adanya indikator yang pasti terkait visi
SMP plus Nurul Hikmah.
Tidak tersedia versi lain