Text
Pendidikan Agama Islam di Thailand (Studi: Tujuan, Materi, dan Pola Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Nurul Insan Mulnithi Trang)
Molyati, 2016, Pendidikan Agama Islam di Thailand (Studi: Tujuan, Materi, dan Pola
Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Nurul Insan Mulnithi
Trang), Pamekasan: Skripsi Jurusan Tarbiyah, Program Studi Pendidikan
Agama Islam, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Pamekasan,
Pembimbing: Fathol Haliq, M. Si.
Kata Kunci : Pendidikan Agama Islam, Sekolah Nurul Insan Mulnithi
Lembaga pendidikan swasta di Thailand belum bisa mengimplementasikan
kurikulum secara optimal. Proses pengembangan pendidikan agama Islam yang
dilakukan oleh lembaga tersebut tentu memberi pengaruh terhadap lingkungan
sekitarnya. Sekolah Nurul Insan Mulnithi adalah salah satu lembaga pendidikan
swasta di Thailand. Ada tiga pokok permasalahan dalam penelitian ini, yaitu: pertama,
bagaimana tujuan pendidikan agama Islam di Sekolah Nurul Insan Mulnithi; kedua,
apa saja materi pendidikan agama Islam di Matium Sekolah Nurul Insan Mulnithi;
ketiga, bagaimana pola pembelajaran pendidikan agama Islam di Matium Sekolah
Nurul Insan Mulnithi.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
deskriptif. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi.
Pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan
pengamatan, triangulasi dan uraian rinci. Penelitian dilakukan mulai 15 Juni - 08
Oktober 2015.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, tujuan pendidikan agama Islam
di Sekolah Nurul Insan Mulnithi dibagi menjadi tujuan institusional dan tujuan
kurikuler. Tujuan institusional mencakup a) meningkatkan aspirasi pendidikan warga
negara muslim; b) membantu pendidikan siswa yang kurang mampu; c) menyebarkan
agama Islam; d) melaksanakan amalan baik dan bekerjasama dengan masyarakat; e)
mempersiapkan diri sebagai kader agama, sehingga dapat melaksanakan tugas dengan
baik. Tujuan kurikuler mencakup; a) mempunyai ilmu dan keterampilan dalam bidang
agama sehingga dapat mengikuti perkembangan zaman; b) meningkatkan ajaran agama
berdasarkan pemahaman yang tepat atas al-Quran dan hadits; c) mampu menganalisa
masalah dalam masyarakat, memiliki cara pemecahannya dengan tepat, serta
mempunyai pikiran yang kreatif untuk kemajuan masyarakat; d) siswa dapat
memahami tentang keimanan, beriman kepada ajaran Islam, mampu membawa misi
Islam dalam realitas kehidupan, mempunyai sifat disiplin, percaya diri, rajin, ikhlas,
sabar dan mendahulukan kepentingan masyarakat daripada kepentingan diri sendiri; e)
siswa dapat menghayati dan mengamalkan agama Islam dalam kehidupan sehari-hari.
Kedua, materi pendidikan agama Islam di Matium Sekolah Nurul Insan Mulnithi
dijabarkan pada delapan bidang studi: al-Qur’an-tafsir, hadits, fiqih, aqidah, akhlak,
tarikh, bahasa arab, dan bahasa melayu. Ketiga, pola pembelajaran pendidikan agama
Islam di Matium Sekolah Nurul Insan Mulnithi terkategori pada pembelajaran klasikal.
Agar memajukan dan meningkatkan kualitas pendidikan agama Islam di sekolah
tersebut sebaiknya lembaga mengadakan training khusus untuk guru pendidikan agama
Islam di sekolah Nurul Insan Mulnithi dan buku mata pelajaran pendidikan agama
Islam disesuaikan dengan kemampuan peserta didik.
Tidak tersedia versi lain