Text
UPAYA PEMBINAAN AKHLAK SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH MIFTAHUL ULUM PAGENDINGAN GALIS PAMEKASAN
Fatimatur Riskiyah, 2017, Upaya Pembinaan Akhlak Siswa di Madrasah Tsanawiyah
Miftahul Ulum Pagendingan Galis Pamekasan, Sikripsi, Program Studi Pendidikan Agama
Islam, Jurusan Tarbiyah, Pembimbing: Dr. Edi Susanto, M.Fil.I
Kata Kunci: Pembinaan dan Akhlak
Pembinaan Akhlak diartikan tindakan atau kegiatan yang dilakukan untuk
memperbaiki tingkah laku peserta didik. dalam kegiatan belajar, pembinaan bisa dikatakan
sebagai keseluruhan daya penggerak di dalam diri siswa yang menimbulkan, menjamin
kelangsungan dan memberikan arah kegiatan belajar, sehingga diharapkan tujuan yang
diinginkan dapat tercapai. Namun tidak semua siswa memiliki akhlak yang baik, ada
beberapa siswa yang memang membutuhkan penanganan khusus mengenai pembinaan agar
gairah belajarnya bangkit kembali. Salah satunya pembinaan akhlak dari guru.
Ada tiga permasalahan yang menjadi pokok kajian dalam penelitian ini, Pertama,
Cara yang dilakukan guru dalam membina akhlak siswa di MTs Miftahul Ulum Pagendingan
Galis Pamekasan. Kedua, Upaya guru dalam membina akhlak siswa di MTs Miftahul Ulum
Pagendingan Galis Pamekasan. Ketiga, Kendala yang di hadapi guru dalam pembinaan
akhlak siswa di MTs Miftahul Ulum Pagendingan Galis Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis fenomenologis.
Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informannya adalah
guru, siswa dan kepala sekolah. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui
perpanjangan keikutsertaan, ketekunan peneliti dan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa:Pertama, Dalam memberikan metode
kepada siswa terlebih dahulu guru melihat watak para siswa karena setiap siswa tidak sama
baik ranah kognitif, afektif dan psikomotorik. Metode yang digunakan bermacam-macam
diantaranya ceramah, memberikan pujian, hukuman atau teguran, contoh teladan, diskusi,
arahan/bimbingan serta evaluasi. Hal ini untuk menumbuhkan kembali gairah dan semangat
siswa dalam berakhlakul karimah sehingga siswa dapat menjadi insan kamil dan penerus
bangsa yang berkualitas. Kedua, Yang disiapkan guru dalam membina akhlak siswa di Mts
Mifathul Ulum Pagendingan Galis Pamekasan yaitu dengan cara mengkondisikan kelas,
menyiapkan metode yang digunakan untuk membina akhlak siswa, siswa diberikan arahan
serta motivasi untuk memiliki akhlak yang baik, melakukan pendekatan secara khusus
dengan siswa setiap kali bertatap muka, siswa diharuskan mengikuti aturan yang berlaku jika
siswa melanggar maka akan diberikan sanksi, serta membaca al-qur’an bersama dikelas
masing-masing. Ketiga, Kendala yang dihadapi guru dalam pembinaan akhlak siswa di MTs
Miftahul Ulum Pagendingan Galis Pamekasan bermacam-macam meliputi kurangnya
komunikasi antar orang tua dan guru disaat guru memberikan arahan dan bimbingan terkait
dengan akhlak. Siswa acuh tak acuh ada yang mendengarkan dan ada pula yang tidak.
Dampak dari media sosial, pengaruh teman karib, kurang pahammnya siswa terhadap apa
yang dijelaskan oleh guru. Serta kemampuan siswa yang bermacam-macam.
Tidak tersedia versi lain